Perkiraan waktu membaca artikel ini: < 1 minute

TECHSTORY.ID – Perjalanan jauh menggunakan kendaraan, khususnya mobil, car charger tentunya menjadi andalan untuk mengisi daya baterai gadget, terutama smartphone. Banyak pilihan car charger di pasaran, mulai dari yang terjangkau hingga mahal. Namun rata-rata, harga akan menentukan kualitas. Selain itu, masih banyak orang yang menganggap mengisi daya smartphone dengan car charger dapat merusak perangkat. Namun kenyataannya, ada cara yang aman untuk mengisi daya smartphone di mobil dengan car charger.

Dalam mengurangi risiko rusaknya smartphone akibat mengisi daya di mobil, berikut cara sederhana dari Hippo agar baterai smartphone kamu tetap awet walau sering diisi daya di mobil, berikut penjelasannya:

1. Jangan Letakkan Smartphone di area yang memiliki panas tinggi

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah dengan menjauhkan smartphone dari area yang memiliki sumber panas yang berlebih. Biasanya berada pada area sekitar dashboard bagian atas mobil.

Pasalnya, kondisi smartphone atau pun charger yang panas dapat merusak kompenen di dalamnya. Jika kamu mendapati smartphone atau charger yang panas, sebaiknya kamu langsung mencabutnya dan diamkan beberapa saat.

2. Jangan Gunakan Smartphone Ketika Diisi Daya

Bila kamu harus menggunakan smartphone ketika sedang diisi daya dengan car charger, lebih baik kamu urungkan niat tersebut. Menurut Hippo, menggunakan smartphone ketika dayanya sedang diisi bisa merusak baterai dan komponen di dalamnya.

Ini juga tidak hanya berlaku untuk pengisian daya di dalam mobil, tapi mengisi daya dari sumber listrik di dalam rumah juga bisa berbahaya karena dapat membuat baterai cepat rusak.

3. Gunakan Car Charger yang Memiliki Proteksi

Hippo juga menyarankan agar tidak asal membeli car charger. Pilihlah produk yang memiliki sejumlah proteksi agar pengisian daya smartphone semakin aman. Banyak tipe proteksi yang bisa kamu dapatkan pada car charger berkualitas, seperti overheat protection, over charge protection, over discharge protection, over current protection, over voltage protection, dan over power protection.

Nah, gimana? sudah lebih paham sekarang saat harus melakukan pengisian daya smartphone di mobil menggunakan car charger kan, jadi coba ikuti 3 tips tadi agar perangkat smartphonemu tetap aman dan awet.

Bagikan artikel ini:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Solve : *
28 × 4 =