Home STARTUP Strategi Gojek dan Tokopedia dalam perkuat Bisnis selama Pandemi Covid-19

Strategi Gojek dan Tokopedia dalam perkuat Bisnis selama Pandemi Covid-19

0
Strategi Gojek dan Tokopedia dalam perkuat Bisnis selama Pandemi Covid-19
Strategi Gojek dan Tokopedia dalam perkuat Bisnis selama Pandemi Covid-19
Perkiraan waktu membaca artikel ini: 2 minutes

TECHSTORY.ID – Perubahan besar telah terjadi selama masa pandemi Covid-19 ini, yang merubah pola aktivitas hidup manusia, tak terkecuali dalam bidang bisnis. Keadaan yang terjadi ini, membuat para pelaku bisnis terus melakukan inovasi dan perubahan agar mampu bertahan. Berbagai strategi pun dilakukan agar tetap bisa kompetitif.

Kevin Mintaraga, Vice President Tokopedia, mengungkapkan selama pandemi ini pihaknya masih terus berusaha menggandeng pelaku bisnis offline dan online. Dalam hal ini tidak hanya mendorong lebih banyak pebisnis offline beralih ke digital, tapi juga memastikan bisnis mereka tetap berjalan dengan baik terutama selama pandemi.

“Kami melihat bisnis offline dan online harus bekerja sama, saling melengkapi. Kami tidak begitu melihat ini sebagai pendekatan berbeda, karena faktanya kami juga memiliki banyak inisiatif offline untuk memberdayakan pelaku bisnis offline,” kata Kevin dalam acara MMA Impact Indonesia 2020 pada Selasa (24/11/2020).

Tokopedia menyadari saat ini banyak pemain offline ingin mengeksplorasi dan menumbuhkan bisnis secara online. Oleh sebab itu, kata Kevin, tim Tokopedia selama pandemi ditingkatkan khususnya tim merchant, untuk memastikan bisa membantu pebisnis yang ingin mengadopsi bisnis digital.

“Kami terus menjalin kerja sama dengan mereka (merchant), selain itu kami juga bekerja sama dengan pemerintah,” tuturnya.

Salah satu bentuk upaya tersebut adalah ketika Tokopedia menggelar bazar buku Big Bad Wolf beberapa waktu lalu. Bazar buku tersebut biasanya digelar secara offline, tapi pada tahun ini tidak bisa dilakukan karena pandemi.

“Kami terus mengeksplor bagaimana bisa membantu mereka (bisnis) beralih ke online dengan platform kami,” sambung Kevin.

Melakukan upaya serupa

Chief Commercial Officer GoJek, Antoine De Carbonnel, mengatakan layanan ride-hailing Gojek terus berupaya untuk mendukung para mitra merchant dan driver khususnya selama pandemi Covid-19.

Pihaknya terus memperomosikan faktor keamanan dan keselamatan bagi merchant, driver, dan juga pengguna. Selain itu, perusahaan juga mengakselerasi pengembangan pertumbuhan dengan berbagai strategi untuk menjangkau lebih banyak konsumen, termasuk dengan peluncuran berbagai produk baru.

“Bagi kami ini tentang bagaimana memperluas channel berbeda yang sudah ada, dan produk baru apa yang harus dibuat untuk membantu merchant di tengah pandemi ini secara fundamental,” jelas Antoine.

Berbagai upaya tentu akan terus dilakukan para pelaku bisnis dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang masih belum mereda hingga beberapa bulan kedepan. Baik Tokopedia maupun Gojek tentu akan melakukan berbagai inovasi dan perubahan yang akan berpengaruh baik bagi perusahaan maupun bagi masyarakat.

Bagikan artikel ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Solve : *
4 + 18 =