Perkiraan waktu membaca artikel ini: 6 minutes

TECHSTORY.IDIntel Corporation merupakan perusahaan multinasional Amerika Serikat dan perusahaan teknologi yang berkantor pusat di Santa Clara, California, Silicon Valley. Intel adalah salah satu produsen microchip processor tertinggi kedua didunia berdasarkan pendapatan setelah Samsung Electronics, dan merupakan penemu seri mikroprosesor x86, prosesor yang ditemukan di sebagian besar komputer pribadi (PC). Intel peringkat No. 45 dalam daftar Fortune 500 tahun 2020 dari perusahaan Amerika Serikat terbesar dengan perhitungan dari pendapatan perusahaan.

Intel merupakan pemasok prosesor untuk produsen sistem komputer seperti Apple, Lenovo, HP, Asus, dan Dell. Intel juga memproduksi chipset motherboard, pengontrol antarmuka jaringan dan sirkuit terintegrasi, memori flash, chip grafis, prosesor tertanam dan perangkat lain yang terkait dengan komunikasi dan komputasi.

pendiri_intel
Pendiri Intel

Intel Corporation sendiri didirikan pada tanggal 18 Juli 1968, oleh perintis semikonduktor yaitu Robert Noyce dan Gordon Moore (dikenal juga karena hukum Moore nya), dan memberikan kepercayaan kepemimpinan eksekutif dan visi kepada Andrew Grove. Nama perusahaan itu diambil dari kata-kata Integrasi dan elektronik yang disingkat INTEL, dengan co-founder Noyce telah menjadi penemu kunci dari sirkuit terintegrasi (microchip). Fakta bahwa Intel adalah istilah untuk informasi intelijen juga menjadikan nama yang tepat. Intel adalah pengembang awal chip memori SRAM dan DRAM, yang mewakili sebagian besar bisnisnya hingga tahun 1981. Meskipun Intel menciptakan chip mikroprosesor komersial pertama di dunia pada tahun 1971 untuk komputer pribadi (PC) yang menjadi bisnis utamanya juga.

Selama tahun 1990-an, Intel banyak berinvestasi dalam desain mikroprosesor baru yang mendorong pertumbuhan pesat industri komputer. Selama periode ini Intel menjadi pemasok dominan mikroprosesor untuk PC dan dikenal karena taktik agresif dan anti-persaingan dalam mempertahankan posisi pasarnya, terutama terhadap Advanced Micro Devices (AMD), serta perjuangan dengan Microsoft untuk mengendalikan arah perindustrian PC.

Awal Mula Berdirinya Intel

Pada pendiriannya, Intel dibedakan beberapa divisi berdasarkan kemampuannya untuk membuat sirkuit logika menggunakan perangkat semikonduktor. Tujuan pendiri adalah pasar memori semikonduktor, yang diprediksi akan menggantikan memori inti-magnetik. Produk pertamanya adalah sebuah memori kecil berkecepatan tinggi pada tahun 1969 yang bernama 3101 Schottky TTL bipolar 64-bit static-access memory (SRAM), yang hampir dua kali lebih cepat dari implementasi dioda Schottky sebelumnya oleh Fairchild dan Laboratorium Elektroteknik di Tsukuba, Jepang.

Pada tahun yang sama, Intel juga memproduksi 3301 Schottky bipolar 1024-bit read-only memory (ROM) dan komersial pertama-logam-oksida-semikonduktor transistor efek medan (MOSFET) gerbang silikon chip SRAM chip, 256-bit 1101. Sementara 1101 adalah kemajuan yang signifikan, struktur sel statisnya yang kompleks membuatnya terlalu lambat dan mahal untuk memori mainframe. Sel tiga-transistor yang diimplementasikan dalam memori akses acak dinamis (DRAM) pertama yang tersedia secara komersial, 1103 yang dirilis pada tahun 1970, memecahkan masalah ini. 1103 adalah chip memori semikonduktor terlaris di dunia pada tahun 1972, karena menggantikan memori inti dalam banyak aplikasi. Bisnis Intel tumbuh selama tahun 1970-an ketika ia memperluas dan meningkatkan proses pembuatannya dan menghasilkan berbagai produk yang lebih luas, masih didominasi oleh berbagai perangkat memori.

Intel menciptakan mikroprosesor pertama yang tersedia secara komersial (Intel 4004) pada tahun 1971. Mikroprosesor mewakili kemajuan penting dalam teknologi sirkuit terpadu, karena mem miniatur unit pemrosesan sentral dari komputer, yang kemudian memungkinkan mesin kecil untuk melakukan perhitungan yang di mana pada masa lalu hanya mesin yang sangat besar yang dapat melakukannya. Intel juga menciptakan salah satu mikrokomputer pertama pada tahun 1973.

Intel membuka fasilitas manufaktur internasional pertamanya pada tahun 1972, di Malaysia, yang akan menjadi tuan rumah beberapa operasi Intel, sebelum membuka fasilitas perakitan dan pabrik semikonduktor di Singapura dan Yerusalem pada awal 1980-an, dan pusat manufaktur dan pengembangan di Cina, India dan Kosta Rika di 1990-an. Pada awal 1980-an, bisnisnya didominasi oleh chip dynamic random-access memory (DRAM). Namun, peningkatan persaingan dari produsen semikonduktor Jepang, pada tahun 1983, secara dramatis mengurangi profitabilitas pasar ini. Keberhasilan tumbuh dari komputer pribadi IBM, berdasarkan pada mikroprosesor Intel, adalah di antara faktor-faktor yang meyakinkan Gordon Moore (CEO sejak 1975) untuk mengalihkan fokus perusahaan ke mikroprosesor dan mengubah aspek-aspek mendasar dari model bisnis itu. Keputusan Moore untuk sumber tunggal chip 386 Intel berperan penting dalam kesuksesan perusahaan.

Pada akhir 1980-an, Intel berada di posisi sebagai pemasok mikroprosesor untuk IBM dan pesaing IBM dalam pasar komputer pribadi yang berkembang pesat, Intel memulai periode 10 tahun pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya sebagai pemasok perangkat keras utama (dan paling menguntungkan) ke industri PC, bagian dari kombinasi pemenang ‘Wintel’. Moore menyerahkan kepemimpinanya Andy Grove pada tahun 1987. Dengan meluncurkan kampanye pemasaran Intel Inside pada tahun 1991, Intel dapat mengaitkan loyalitas merek dengan pemilihan konsumen, sehingga pada akhir 1990-an, lini prosesor Pentium-nya telah menjadi nama yang sangat akrab sampai saat ini.

Intel Pada tahun 2000-an

Setelah tahun 2000, pertumbuhan permintaan untuk mikroprosesor kelas atas melambat. Pesaing utama yaitu AMD (pesaing terbesar Intel di pasar arsitektur x86 utamanya) meraih pangsa pasar yang signifikan, awalnya pada prosesor kelas bawah dan menengah tetapi pada akhirnya di seluruh jajaran produk, dan posisi dominan Intel di pasar intinya sangat berkurang. Pada awal 2000-an-CEO saat itu, Craig Barrett berusaha untuk mendiversifikasi bisnis perusahaan di luar semikonduktor dan cara ini terbukti berhasil mengembalikan kejayaan Intel.

Kebangkitan Intel Pada tahun (2005 – 2007)

Pada tahun 2005, CEO Paul Otellini mereorganisasi perusahaan untuk memfokuskan kembali prosesor inti dan bisnis chipset pada platform (perusahaan, rumah digital, kesehatan digital, dan mobilitas).

Pada tahun 2006, Intel meluncurkan mikroarsitektur Core-nya untuk mendapat pujian kritis yang luas dan jajaran produk Core ini dianggap sebagai lompatan luar biasa dalam kinerja prosesor yang dengan cepat mendapatkan kembali sebagian besar kepemimpinannya di bidang tersebut. Pada tahun 2008, Intel memiliki keunggulan lain ketika memperkenalkan mikroarsitektur Penryn, yaitu 45 nm. Beberapa tahun belakangan, Intel merilis prosesor dengan arsitektur Nehalem. Nehalem memiliki ulasan positif dimata masyarakat dunia.

Penjualan bisnis prosesor XScale (2006)

Pada tanggal 27 Juni 2006, penjualan aset XScale Intel diumumkan. Intel setuju untuk menjual bisnis prosesor XScale ke Marvell Technology Group dengan harga sekitar $ 600 juta dan asumsi kewajiban yang tidak ditentukan. Langkah ini dimaksudkan untuk mengizinkan Intel untuk memfokuskan sumber dayanya pada inti x86 dan bisnis server, dan akuisisi selesai pada 9 November 2006.

Akuisisi dan investasi (2010-sekarang)

Pada tahun 2010, Intel membeli McAfee, produsen teknologi keamanan komputer, senilai $ 7,68 miliar. Sebagai syarat untuk persetujuan peraturan transaksi, Intel setuju untuk memberikan semua informasi yang diperlukan perusahaan keamanan saingan yang akan memungkinkan produk mereka menggunakan chip Intel dan komputer pribadi. Setelah akuisisi, Intel memiliki sekitar 90.000 karyawan, termasuk sekitar 12.000 insinyur perangkat lunak. Pada bulan September 2016, Intel menjual saham mayoritas di unit keamanan komputernya ke TPG Capital, membalikkan akuisisi McAfee yang berusia lima tahun.

Pada Agustus 2010, Intel dan Infineon Technologies mengumumkan bahwa Intel akan mengakuisisi bisnis Solusi Nirkabel Infineon. Intel berencana menggunakan teknologi Infineon di laptop, ponsel pintar, netbook, tablet, dan komputer tertanam di produk konsumen, akhirnya mengintegrasikan modem nirkabelnya ke dalam chip silikon Intel. Pada Maret 2011, Intel membeli sebagian besar aset SySDSoft yang berbasis di Kairo.

Pada Juli 2011, Intel mengumumkan bahwa mereka telah setuju untuk mengakuisisi Fulcrum Microsystems Inc., sebuah perusahaan yang berspesialisasi dalam switch jaringan. Perusahaan ini sebelumnya termasuk dalam daftar EE Times dari 60 Emerging Startups. Pada Oktober 2011, Intel mencapai kesepakatan untuk mengakuisisi Telmap, perusahaan perangkat lunak navigasi berbasis di Israel. Harga pembelian tidak diungkapkan, tetapi media Israel melaporkan nilai sekitar $ 300 juta hingga $ 350 juta.

Pada bulan Juli 2012, Intel setuju untuk membeli 10% saham ASML Holding NV seharga $ 2,1 miliar dan $ 1 miliar lainnya untuk 5% dari saham yang membutuhkan persetujuan pemegang saham untuk mendanai upaya penelitian dan pengembangan yang relevan, sebagai bagian dari EUR3,3 miliar ($ 4,1 miliar) kesepakatan untuk mempercepat pengembangan teknologi wafer 450-milimeter dan litografi ultra-violet ekstrem sebanyak dua tahun.

Pada Juli 2013, Intel mengkonfirmasi akuisisi Omek Interactive, sebuah perusahaan Israel yang membuat teknologi untuk antarmuka berbasis gesture, tanpa mengungkapkan nilai moneter dari kesepakatan tersebut. Pernyataan resmi dari Intel berbunyi: “Akuisisi Omek Interactive akan membantu meningkatkan kemampuan Intel dalam memberikan pengalaman komputasi persepsi yang lebih mendalam.” Memperkirakan nilai akuisisi kepada Omek Interactive diantara US $ 30 juta dan $ 50 juta.

Akuisisi startup pengenal bahasa alami Spanyol, Indisys diumumkan pada September 2013. Syarat-syarat kesepakatan itu tidak diungkapkan tetapi email dari perwakilan Intel menyatakan: “Intel telah mengakuisisi Indisys, sebuah perusahaan swasta yang berbasis di Seville, Spanyol. Mayoritas karyawan Indisys bergabung dengan Intel. Kami menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi perusahaan pada 31 Mei dan kesepakatan telah selesai.” Indysis menjelaskan bahwa teknologi kecerdasan buatan (AI) sebagai bentuk pencitraan seperti manusia, yang berinteraksi dengan akal sehat dalam berbagai bahasa dan juga bekerja di platform yang berbeda.”

Ekspansi (2008–2011)

Pada tahun 2008, Intel memisahkan aset-aset utama dari upaya bisnis startup surya untuk membentuk perusahaan independen, SpectraWatt Inc. Pada tahun 2011, SpectraWatt mengalami kebangkrutan.

Pada Februari 2011, Intel mulai membangun fasilitas manufaktur mikroprosesor baru di Chandler, Arizona, selesai pada 2013 dengan biaya $ 5 miliar, namun bangunan itu tidak pernah digunakan. Perusahaan memproduksi tiga perempat produknya di Amerika Serikat, walaupun tiga perempat dari pendapatannya berasal dari luar negeri.

Pada April 2011, Intel memulai proyek percontohan dengan ZTE Corporation untuk memproduksi smartphone menggunakan prosesor Intel Atom untuk pasar domestik Cina. Pada bulan Desember 2011, Intel mengumumkan bahwa mereka mengatur ulang beberapa unit bisnisnya menjadi grup ponsel dan komunikasi baru yang akan bertanggung jawab atas upaya smartphone, tablet, dan nirkabel perusahaan.

Membuka pabrik penemuan ke produsen lain (2013)

Menyadari dirinya sendiri dengan kapasitas luar biasa setelah kegagalan Ultrabook untuk mendapatkan daya tarik pasar dan juga penjualan PC menurun, pada 2013 Intel membuka pabrik penemuan untuk menghasilkan chip untuk Altera menggunakan proses 14-nm. General Manager dari divisi penemuan khusus Intel yaitu Sunit Rikhi mengindikasikan bahwa Intel akan melanjutkan kesepakatan seperti itu di masa depan. Ini terjadi setelah penjualan perangkat keras Windows 8 yang buruk menyebabkan penghematan besar bagi sebagian besar produsen semikonduktor utama, kecuali Qualcomm, yang terus melihat pembelian yang sehat dari pelanggan terbesarnya, Apple.

Pada Juli 2013, lima perusahaan menggunakan fab Intel melalui divisi Intel Custom Foundry, yaitu Achronix, Tabula, Netronome, Microsemi, dan Panasonic. Kebanyakan adalah pembuat field-programmable gate array (FPGA), tetapi Netronome merancang prosesor jaringan. Hanya Achronix yang mulai mengirimkan chip yang dibuat oleh Intel menggunakan proses Tri-Gate 22-nm. Beberapa pelanggan lain juga ada tetapi tidak diumumkan pada saat itu.

Alliance for Affordable Internet (A4AI) diluncurkan pada Oktober 2013 dan Intel adalah bagian dari koalisi organisasi publik dan swasta yang juga mencakup Facebook, Google, dan Microsoft. Dipimpin oleh Sir Tim Berners-Lee, A4AI berupaya membuat akses Internet lebih terjangkau sehingga akses diperluas di dunia berkembang, di mana hanya 31% orang yang online. Google akan membantu menurunkan harga akses Internet sehingga harganya di bawah target global Komisi Broadband PBB yaitu 5% dari pendapatan bulanan. Pada Oktober 2018, Arm Holdings bermitra dengan Intel untuk berbagi kode untuk sistem tertanam melalui Proyek Yocto.

Bagikan artikel ini:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Solve : *
21 ⁄ 1 =