Perkiraan waktu membaca artikel ini: 4 minutes

TECHSTORY.ID – Qualcomm Incorporated merupakan sebuah perusahaan publik asal Amerika serikat yang bergerak dalam industri komunikasi. Perusahaan yang berpusat di San Diego, California, Amerika Serikat ini didirikan oleh tujuh orang yaitu Dr. Irwin M. Jacobs, Dr. Andrew Viterbi, Harvey White, Franklin Antonio, Andrew Cohen, Klein Gilhousen, dan Adelia Coffman pada bulan Juli 1985.

Di awal kelahirannya, Qualcomm hanya memiliki puluhan karyawan saja, dengan salah satu fokus awalnya adalah teknologi komunikasi berbasis satelit dan CDMA. Kurang lebih di usia 6 tahun, Qualcomm sudah melakukan uji coba jaringan CDMA di kota kelahiran mereka, San Diego. Mereka juga mulai menjual saham mereka ke publik dan mempekerjakan hampir 800 pekerja.

Perkembangan kebutuhan akan telekomunikasi berbasis CDMA, terutama di negara asal mereka, AS, membuat Qualcomm tumbuh pesat di periode 1991 – 1998. Jumlah karyawan mereka meningkat hingga lebih dari 14x lipat dalam periode tersebut, dan kerja sama dengan beberapa perusahaan besar lain untuk mengembangkan telekomunikasi berbasis CDMA pun dijalin. Prestasi besar mereka catatkan di periode 1998 – 1999, termasuk uji coba pertama di dunia untuk komunikasi data yang pada akhirnya dikenal sebagai EV-DO.

Tahun 1999 dan 2000, Qualcomm melepas beberapa divisi mereka, termasuk divisi infrastruktur wireless dan divisi handset CDMA, mereka mulai fokus ke chip telekomunikasi dengan basis CDMA2000 1x EV-DO dan WCDMA. Tahun 2003, Qualcomm berhasil mengapalkan chip ke 1 miliar mereka. Bisnis di bidang chip telekomunikasi mereka terus berkembang, dan tahun 2005 mereka sudah memiliki operasi di 26 negara.

qualcomm-snapdragon

Periode berikutnya, Qualcomm mulai memperluas bisnis chip mereka dan mengembangkan chip Snapdragon pertama, mengintegrasikan beberapa teknologi komunikasi dengan prosesor Scorpion yang mereka kembangkan. Tahun 2009, beberapa perusahaan ternama mulai melirik SoC Snapdragon untuk menggunakannya sebagai motor dari produk smartphone mereka. Hal ini membuat bisnis Qualcomm kembali berkembang pesat, dan mereka pun mempekerjakan sekitar 17500 karyawan di tahun 2010, serta memperluas operasi mereka ke 35 negara.

Era smartphone di periode setelah tahun 2010 membuat bisnis chip Snapdragon milik Qualcomm terus berkembang pesat, di mana bisnis yang semula dipandang sebagai “sampingan” ini justru berubah menjadi salah satu kekuatan perusahaan ini. Mereka makin serius mengembangkan SoC Snapdragon, sembari tetap menaruh perhatian besar ke teknologi komunikasi. Hal inilah yang pada akhirnya menjadi salah satu kekuatan utama Qualcomm, bahkan hingga saat ini, sebagai penyedia teknologi lengkap untuk smartphone.

Tahun 2017 merupakan tonggak sejarah baru bagi Qualcomm dengan merilis beberapa teknologi baru di industri mobile. Sepanjang tahun 2017 tersebut, Qualcomm telah merilis beberapa prosesor mobile dan juga mengusung beberapa teknologi jaringan telekomunikasi. Diawali dengan ajang Consumer Electronic Show (CES) 2017 yang diselenggarakan pada bulan Januari 2017, Qualcomm mengenalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 835 untuk pertama kalinya. Prosesor seri tertinggi milik Qualcomm ini merupakan prosesor pertama yang mendukung video 360 derajat beresolusi 4K dan koneksi LTE Gigabit.

Bulan kedua tahun 2017 menjadi ajang Qualcomm untuk mengenalkan teknologi modem LTE Gigabit generasi kedua yang diberi nama Qualcomm Snapdragon X20 LTE pada Mobil World Congress (MWC) 2017 di Barcelona. Masih di ajang yang sama, di bulan Maret 2017, Qualcomm menunjukkan sebuah prototipe feature phone berteknologi 4G, yang dikenalkan sebagai IQ100. Perlu berbangga hati, ponsel ini merupakan ponsel yang dikembangkan oleh Original Design Manufacturer (ODM) asal Indonesia, PT Tata Sarana Mandiri (TSM).

Di Asia Tenggara Qualcomm menyelenggarakan Qualcomm Tech Summit di Singapura pada bulan Mei 2017. Dalam acara ini, Qualcomm mengenalkan dua prosesor terbarunya, yaitu Qualcomm Snapdragon 660 dan 630, serta menunjukkan kemampuan dari prosesor Qualcomm Snapdragon 835 yang dikenalkan sebelumnya. Masih di bulan yang sama, gelaran Computex di Taipei menjadi saksi penampilan prototipe board untuk Mobile PC pertama bertenaga prosesor Qualcomm Snapdragon 835 yang mengusung teknologi LTE dan dukungan daya tahan baterai yang tahan lama. Di bulan Desember 2017, Qualcomm juga mengenalkan prosesor Qualcomm Snapdragon 845, diikuti dengan pengenalan dua Always Connected PC, yaitu ASUS Nova Go dan HP Envy X2. Selain hal ini, Qualcomm juga berkolaborasi untuk membawa teknologi modem Qualcomm ke prosesor AMD Ryzen.

Di tahun 2019 pada acara Qualcomm Snapdragon Tech Summit 2019 tanggal 3-5 Desember 2019 di Maui Hawaii, Qualcomm memperkenalkan 3 System On Chip (SOC) baru. Chipset Snapdragon 865 untuk smathphone flagship, Snapdragon 765 dan Snapdragon 765G yang merupakan otak dari sebuah smartphone yang ada di kelas menengah (Mid Range Smartphone). Chipset Snapdragon 765 dan 765G sudah didukung dengan teknologi 5G dan juga menjadi SOC dengan CPU, GPU, APU yang memiliki teknologi model paling terbaru.

Qualcom bekerjasama dengan Microsoft dalam mengembangkan chip khusus Qualcomm Snapdragon untuk laptop Windows. Kerjasama diawali dengan chipset Snapdragon 835 di tahun 2017 lalu, kemudian dilanjutkan dengan Snapdragon 850 pada pertengahan tahun 2018. Chipset untuk Windows on Snapdragon telah diperkuat dengan Snapdragon 8cx, Snapdragon 8cx Gen 2, Snapdragon 8c, dan Snapdragon 7c. Tapi tidak hanya itu saja, karena Qualcomm sendiri memiliki chipset Microsoft SQ1 yang dikembangkan bersama dengan Microsoft untuk pembuatan Surface Pro X.

Di tahun 2020 Qualcomm merilis Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform baru. Chip ini merupakan penerus System on Chip (SoC) flagship Snapdragon 865 biasa yang telah menenagai lebih dari 140 perangkat smartphone flagship baik yang sudah diumumkan atau masih dalam pengembangan.

Sebagai sebuah perusahaan internasinal yang bergerak dalam industri komunikasi, saat ini Qualcomm telah diakui sebagai pemimpin dunia dalam teknologi mobile dan pemasok chipset bagi industri nirkabel. Selama lebih dari tiga dekade, ide dan inovasi Qualcomm telah mempengaruhi evolusi teknologi mobile. Investasi terbesar perusahaan ini dihabiskan untuk berbagai riset dan pengembangan teknologi mobile dan industri nirkabel.

 

 

Bagikan artikel ini:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Solve : *
28 ⁄ 7 =