Home HISTORY Sejarah dan Perkembangan Perusahaan Adobe System Inc.

Sejarah dan Perkembangan Perusahaan Adobe System Inc.

0
Sejarah dan Perkembangan Perusahaan Adobe System Inc.
Sejarah dan Perkembangan Perusahaan Adobe System Inc.
Perkiraan waktu membaca artikel ini: 5 minutes

TECHSTORY.ID – Adobe Systems merupakan sebuah perusahaan piranti lunak atau sofware yang beroperasi di sektor grafis, animasi, video, serta pengembangan situs. Adobe salah satu diantara perusahaan piranti lunak terbesar didunia. Perusahaan ini dibangun pada tahun 1982, dengan  kantor berpusat di San Jose, California, AS. Sebagian dari produk-produknya yang populer serta mendunia yaitu Photoshop, Premiere, Lightroom serta Acrobat reader.

Awal mula Adobe dibangun

Adobe dibangun pada bulan Desember tahun 1982 oleh John Warnock serta Charles Geschke. Sebelum mendirikan Adobe, Geschke dan Warnock bekerja di Pusat Penelitian Palo Alto (PARC) Xerox. Geschke telah bekerja di sana pada Oktober 1972. Proyek pertamanya adalah membangun mainframe, setelah itu dia mengerjakan bahasa pemrograman dan pengembangan alat yang digunakan untuk membangun stasiun kerja Star. Geschke membentuk dan mengepalai Laboratorium Ilmu Pencitraan PARC pada tahun 1978 di mana ia mengarahkan kegiatan penelitian di bidang ilmu komputer, grafik, pemrosesan gambar, dan optik.

Di PARC, Geschke mempekerjakan mitra penelitian jangka panjangnya, John Warnock dan bersama-sama mereka menemukan bahasa deskripsi halaman (PDL), yang menyediakan sarana untuk mendeskripsikan bentuk kompleks seperti tipografi secara elektronik disebut Interpress. Karena tidak dapat meyakinkan manajemen Xerox tentang nilai komersial yang akan didapatkan dari bahasa grafis InterPress, keduanya meninggalkan Xerox untuk ikut mendirikan Adobe Systems.

Pada tahun 1991, John Warnock menguraikan sebuah sistem yang disebut “Camelot”, yang kemdian berkembang menjadi format file Portable Document Format (PDF). Tujuan Camelot adalah untuk “menangkap dokumen secara efektif dari aplikasi apa pun kemudian mengirim versi elektronik dokumen ini ke mana saja, dan melihat serta mencetak dokumen ini di mesin apa pun”.

Bayangkan jika penampil IPS (Interchange PostScript) juga dilengkapi dengan kemampuan pencarian teks. Dalam hal ini pengguna dapat menemukan semua dokumen yang berisi kata atau frase tertentu, dan kemudian melihat kata atau frase tersebut dalam konteks di dalam dokumen. Seluruh perpustakaan dapat diarsipkan dalam bentuk elektronik …

Salah satu tipografi populer Adobe  adalah Warnock, dinamai dengan namanya. Teknologi Adobe PostScript mempermudah pencetakan teks dan gambar dari komputer, merevolusi media dan penerbitan pada 1980-an.

Pada tahun 2010, Adobe Systems mempunyai 9.117 karyawan, sekitaran 40% salah satunya bekerja di San Jose. Adobe juga mempunyai kantor di Orlando, Seattle, San Francisco, Lehi, Utah, Minneapolis, Waltham, Massachusetts, serta San Luis Obispo, California di Amerika Serikat, Ottawa, Kanada, Hamburg, Jerman, Noida serta Bangalore, India, Bucharest, Rumania, Basel, Swiss, serta Beijing, Cina.

Logo perusahaan Adobe sediri didesain oleh Marva Warnock, istri John Warnock, yang juga merupakan seseorang desainer grafis. Product pertama Adobe sesudah PostScript yaitu font digital, mereka merilis dalam format proprietary dengan kode Type 1. Tak lama setelah itu, Apple kemudian meningkatkan sebuah standar baru dengan nama TrueType, yang disediakan dengan skalabilitas penuh serta kontrol yang sesuai dari piksel alur yang di ciptakan oleh garis font. Pihak Microsoft sendiri menggunakan lisensi TrueType.

Pihak Adobe kemudian meresponnya dengan menerbitkan Type 1 yang lebih spesifik serta merilis Adobe Tipe Manager, sebuah sofware yang sangat mungkin digunakan untuk melakukan editing WYSIWYG dari Tipe 1 font pada monitor, seperti halnya pada TrueType. Namun, Type 1 masih memiliki kelemahan, belum ada kontrol pixel-tingkat yang sesuai. Dominasi TrueType berkembang dengan pesat, meski Adobe telah merilis Type 1. Meski begitu Type 1 tetaplah menjadi sebuah standard di grafis untuk pasar penerbitan sedangkan untuk TrueType menjadi standard untuk usaha serta pemakai Windows. Pada tahun 1996, Adobe bersama Microsoft menginformasikan adanya format baru bernama OpenType format font.  Baru ditahun 2003 Adobe merampungkannya dengan konversi 1 library font OpenType.

Perkembangan Adobe System

Pada pertengahan tahun 1980-an, Adobe mulai masuk pasar piranti lunak olah grafis dengan meluncurkan Adobe Illustrator, sebuah sofware dengan satu vektor berbasiskan program gambar untuk Apple Macintosh. Adobe Illustrator, berkembang seiring dengan software font-pengembangan, Ilustrator juga turut mempopulerkan-enabled PostScript printer laser. Berbeda dengan MacDraw yang merupakan sofware olah grafis Macintosh. MacDraw menggunakan standard program gambar vektor sedangkan Adobe Illustrator lebih fleksibel dengan adanya bentuk kurva Bezier, yang mampu memberikan tingkat akurasi.

Pada tahun 1989, Adobe memperkenalkan program editing grafis untuk Macintosh dengan nama Photoshop. Di tahun 1993, Adobe kemudian mengenalkan PDF, Portable Document Format, serta merilis sofware Adobe Acrobat sebagai reader atau sofware untuk membaca PDF. PDF saat ini telah menjadi Standard Internasional : ISO 32000-1 : 2008. Teknologi ini diadopsi di semua bidang, menjadi sebuah format umum untuk dokumen elektronik. Bulan Desember 1991, Adobe merilis Adobe Premiere, sebuah sofware untuk melakukan editing video. Nama Adobe Premiere kemudian berganti menjadi Adobe Premiere Pro ditahun 2003.
Tahun 1992, Adobe mengakuisisi OCR Systems, Inc. Dua tahun setelahnya, perusahaan kembali mengakuisisi Aldus Corporation. Pada 30 Mei 1997, Adobe reincorporated di Delaware digabungkan dengan Adobe Systems (Delaware).  Perusahaan kembali melakukan akuisisi terhadap GoLive Systems, Inc dan kemudian merilis Adobe GoLive pada tahun 1999 dan mulai mengembangkan Adobe InDesign sebagai pesaing langsung QuarkXPress dan sebagai pengganti untuk PageMaker. Bulan Mei 2003, Adobe mengakuisisi Syntrillium Software, yang kemudian Adobe meluncurkan Adobe Audition untuk lini produk editing audio. Pada bulan Desember 2004, perusahaan Perancis OKYZ SA, pembuat perangkat lunak kolaborasi 3D, diakuisisi. Akuisisi ini menambahkan teknologi 3D dan keahlian untuk Dokumen Adobe Intelligent Platform.

Pada tanggal 12 Desember 2005 Adobe mengakuisisi rival utamanya Macromedia dalam pertukaran saham senilai sekitar $ 3400000000, menambahkan Adobe ColdFusion, Adobe Kontribusi, Adobe Captivate, Adobe Acrobat Connect (sebelumnya Macromedia Breeze), Adobe Director, Adobe Dreamweaver, Adobe Fireworks, Adobe Flash, FlashPaper, Adobe Flex, Macromedia FreeHand, Macromedia HomeSite, Macromedia JRun, Adobe Presenter, dan Macromedia Authorware dalam lini produk Adobe.

Bulan Januari 2007, Adobe Photoshop Lightroom dirilis untuk membantu fotografer dalam mengelola gambar digital dan pasca kerja produksi. Adobe mengakuisisi Scene7 pada bulan Mei ditahun yang sama. Perusahaan ini membuat pengolahan citra dan tampilan platform yang digunakan dalam banyak situs ritel di web. Pada bulan Juli, Adobe merilis Soundbooth. Produk ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan yang ada Adobe Audition tapi hanya untuk menyediakan lingkungan bagi para profesional yang mengkhususkan diri di bidang audio. Pada tanggal 3 Agustus 2007, perusahaan ini mengumumkan rencana mereka untuk menghentikan pengembangan Authorware, “alat authoring visual untuk membuat aplikasi e-learning yang kaya media untuk pengiriman pada jaringan perusahaan, CD / DVD, dan Web. ” Authorware adalah salah satu alat pengembangan yang diperoleh dalam merger Macromedia dan Adobe.

Pada tanggal 12 November 2007, CEO, Bruce Chizen mengundurkan diri. Sejak 1 Desember, ia digantikan oleh Shantanu Narayen, Presiden Adobe saat ini dan Chief Operating Officer. Bruce Chizen dilayani masa jabatannya pada Dewan Adobe Direksi, dan kemudian dilanjutkan pada peran sebagai penasehat strategis hingga akhir tahun fiskal Adobe 2008.

Adobe kemudian merilis Adobe Media Player pada bulan April 2008. Pada tanggal 27 April, Adobe menghentikan pengembangan dan penjualan software HTML atau pengembangan web yang lebih tua nya yakni GoLive untuk mendukung Dreamweaver. Adobe menawarkan diskon di Dreamweaver bagi pengguna GoLive dan mendukung mereka yang masih menggunakan GoLive dengan tutorial online dan bantuan migrasi. Pada tanggal 1 Juni, Adobe meluncurkan Acrobat.com, serangkaian aplikasi web dengan tujuan untuk bekerja secara kolaboratif.

Adobe mengumumkan dua akuisisi di tahun 2009 : pada tanggal 29 Agustus, Adobe membeli unit Bisnis Catalyst, dan pada tanggal 15 September, membeli Omniture. Adobe mengumumkan Creative Suite seri baru (CS5) diluncurkan secara global Senin, 12 April, 2010. Perangkat lunak baru seperti Flash Catalyst dan Bisnis Catalyst juga diumumkan.Pada PhotoShop World 2011, Adobe meluncurkan layanan foto mobile baru. Carousel adalah aplikasi baru untuk iPhone, iPad dan Mac yang menggunakan teknologi Photoshop Lightroom bagi pengguna untuk menyesuaikan dan menyempurnakan gambar pada semua platform. Carousel akan juga memungkinkan pengguna untuk secara otomatis sync, berbagi dan mencari foto. layanan ini kemudian berganti nama menjadi ” Adobe Revel “. Pada November 9, 2011 Adobe mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan pengembangan Flash untuk perangkat mobile versi 11.1 dan selanjutnya. Sebaliknya mereka akan berfokus pada HTML 5 untuk perangkat mobile.

Pada tanggal 1 Desember 2011, Adobe mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani perjanjian definitif untuk mengakuisisi Frontier Efisien. Dibulan Desember 2012, Adobe membuka kampus seluas 280.000 meter persegi di Lehi, Utah. Adobe mempromosikan beberapa inisiatif tanggung jawab sosial (CSR) yang sedang berlangsung, termasuk Adobe Youth Voices dan Kreativitas Beasiswa melalui Adobe Foundation. Sebagai bagian dari Lehi, Utah, pembangunan kampus, Adobe mendukung para Artis Dalam program Residence at Thanksgiving Point Institute, di mana artis Andrew Smith membangun sebuah patung kinetik untuk ditempatkan di gedung kampus Adobe.

 

Bagikan artikel ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Solve : *
17 × 25 =