Perkiraan waktu membaca artikel ini: 5 minutes

TECHSTORY.IDMicrosoft Corporation atau Microsoft adalah perusahaan teknologi multinasional Amerika Serikat dengan kantor pusat di Redmond, Washingto, Amerika Serikat yang mengembangkan, memproduksi, melisensikan, mendukung dan menjual perangkat lunak komputer, elektronik konsumen, komputer pribadi, dan layanan terkait dengan komputer. Perusahaan ini didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen pada tanggal 4 April 1975.

Produk-produk perangkat lunak Microsoft yang paling terkenal adalah sistem operasi Microsoft Windows, paket Microsoft Office, serta browser Internet Explorer dan Edge Web. Produk perangkat keras andalannya adalah konsol video game Xbox dan jajaran komputer layar sentuh Microsoft Surface. Microsoft adalah salah satu pembuat perangkat lunak terbesar di dunia berdasarkan pendapatannya, dan salah satu perusahaan paling berpengaruh di dunia.

Nama Microsoft sendiri diambil dari gabungan antara Micro komputer dan software. Awal didirikannya Microsoft adalah untuk mengembangkan dan menjual penerjemah BASIC untuk Altair 8800. Perusahaan ini berhasil mendominasi pasar sistem operasi komputer pribadi dengan MS-DOS-nya pada pertengahan 1980-an, diikuti dengan jajaran sistem operasi Microsoft Windows. Penawaran umum perdana Microsoft tahun 1986, dan kenaikan tajam harga sahamnya, menciptakan tiga miliuner dan 12.000 jutawan di kalangan karyawan Microsoft.

Dibangun dari dua orang sahabat

bill_gates_dan_paul_allen
Bill Gates bersama Paul Allen pendiri Microsoft. Kredit Twitter @JonErlichman Paul Allen dan Bill Gates (tahun 1981 dan 2013)

Paul Allen dan Bill Gates, sesama teman masa kecil yang menggemari pemrograman komputer, berusaha membuat bisnis yang sukses dengan memanfaatkan kemampuan mereka. Majalah Popular Electronics edisi Januari 1975 menampilkan mikrokomputer Altair 8800 buatan Micro Instrumentation and Telemetry Systems (MITS). Melihat itu di majalah, Allen mengetahui bahwa mereka bisa memprogram penerjemah BASIC untuk alat tersebut. Setelah mendapat panggilan telepon dari Gates yang mengklaim bahwa mereka punya penerjemah, MITS langsung minta didemonstrasikan. Karena saat itu mereka memang tidak punya penerjemah, Allen membuat sebuah simulator untuk Altair, sementara Gates mengembangkan penerjemahnya.

Meski mereka mengembangkan penerjemah pada sebuah simulator, bukan alat aslinya, penerjemah tersebut beroperasi dengan sangat mulus ketika didemonstrasikan kepada MITS di Albuquerque, New Mexico pada bulan Maret 1975. MITS setuju mendistribusikan dan memasarkannya dengan nama Altair BASIC. Mereka secara resmi mendirikan Microsoft tanggal 4 April 1975 dan mengangkat Gates sebagai CEO. Allen mencetuskan nama “Micro-Soft”, seperti yang dikatakan dalam artikel majalah Fortune tahun 1995. Pada bulan Agustus 1977, perusahaan ini membuat perjanjian dengan ASCII Magazine di Jepang dan berujung pada pendirian kantor internasional pertamanya, “ASCII Microsoft”. Perusahaan ini pindah ke kantor barunya di Bellevue, Washington bulan Januari 1979.

Lahirnya Sistem Operasi

pc_dos_1.10
PC DOS. Kredit gambar Wikipedia.org

Microsoft memasuki bisnis SO (sistem operasi) pada bulan 1980 dengan Unix versinya sendiri bernama Xenix. Tetapi, justru MS-DOS yang memperkuat dominasi perusahaan. Setelah negosiasi dengan Digital Research gagal, IBM menyetujui kontrak dengan Microsoft pada bulan November 1980 untuk menyediakan versi CP/M OS, yang akan dipakai di jajaran IBM Personal Computer (IBM PC) mendatang. Untuk persetujuan ini, Microsoft membeli tiruan CP/M bernama 86-DOS dari Seattle Computer Products, mengganti namanya menjadi MS-DOS, yang diganti lagi oleh IBM menjadi PC-DOS. Setelah peluncuran IBM PC bulan Agustus 1981, Microsoft mendapatkan kepemilikan MS-DOS.

Sejak IBM mendaftarkan hak cipta IBM PC BIOS, perusahaan lain harus melakukan kloningannya agar perangkat keras non-IBM dapat beroperasi sebagai komputer kompatibel IBM PC. Karena berbagai faktor dan perangkat lunak MS-DOS yang mendominasi saat itu, Microsoft langsung menjadi vendor sistem operasi PC terdepan pada masanya. Perusahaan ini memperluas diri ke pasar-pasar baru melalui peluncuran Microsoft Mouse tahun 1983, serta divisi penerbitan bernama Microsoft Press. Paul Allen mengundurkan diri dari Microsoft bulan Februari setelah dinyatakan terserang penyakit Hodgkin.

Saat mengembangkan SO baru bersama IBM tahun 1984, OS/2, Microsoft meluncurkan Microsoft Windows, sebuah ekstensi grafis untuk MS-DOS, tanggal 20 November. Microsoft memindahkan kantor pusatnya ke Redmond tanggal 26 Februari 1986, dan pada tanggal 13 Maret, Microsoft menjadi perusahaan umum. kenaikan tajam harga saham berhasil menciptakan empat miliuner dan 12.000 jutawan dari kalangan karyawan Microsoft sendiri.

Karena kemitraannya dengan IBM, pada tahun 1990, Federal Trade Commission mengawasi Microsoft dikarenakan adanya kemungkinan kolusi, masa itu menandakan awal dari satu dasawarsa penuh tuntutan hukum dari Pemerintah Amerika Serikat. Microsoft mengumumkan peluncuran versi OS/2-nya kepada pembuat peralatan asli (OEM) tanggal 2 April 1987, sementara itu, perusahaan ini sedang mengerjakan sebuah SO 32-bit, Microsoft Windows NT, menggunakan ide dari OS/2. SO baru ini diluncurkan tanggal 21 Juli 1993 dengan kernel moduler baru dan antarmuka pemrograman aplikasi (API) Win32, menjadikan porting dari Windows 16-bit (berbasis MS-DOS) lebih mudah. Setelah Microsoft memberitahu IBM tentang NT, kemitraan OS/2 berakhir.

Bill Gates mengungkapkan deposisi pada tahun 1998 di pengadilan v Amerika Serikat. Microsoft. Setelah Departemen Kehakiman AS mengambil alih kasus ini dari FTC pada tahun 1993, pertempuran hukum antara Microsoft dan departemen hukum terjadi, yang menimbulkan berbagai kompensasi dan memblokir merger. Microsoft menunjuk perusahaan seperti AOL-Time Warner untuk melindungi diri.

Setelah “Internet Tidal Wave memo” Bill Gates internal tanggal 26 Mei 1995, Microsoft mulai mendesain ulang penawarannya dan memperluas lini produk ke dalam jaringan komputer dan World Wide Web.

tampilan_windows_95
Tampilan dekstop Windows 95. Kredit gambar wikipedia.org

Perusahaan ini merilis Windows 95 pada tanggal 24 Agustus 1995, dengan tugas ganda berputar, antarmuka pengguna baru yang memiliki tombol ‘start’, dan 32-bit kompatibilitas; sama seperti NT, OS menyediakan Win32 API.

Windows 95 keluar lengkap dengan layanan online MSN, dan web browser Internet Explorer ke OEM. Internet Explorer tidak disertakan dengan ritel Windows 95 kotak karena kotak yang dicetak sebelum tim menyelesaikan pengembangan browser web, dan paket baru termasuk dalam Windows 95 Plus.

Dengan ekspansi ke pasar baru pada tahun 1996, Microsoft dan NBC Universal mendirikan stasiun berita 24/7 kabel baru yang disebut MSNBC. Microsoft Windows CE 1.0 dirancang, OS baru yang dirancang untuk perangkat dengan memori rendah dan kendala lainnya, seperti asisten pribadi digital.

Microsoft Office Sofware untuk Perkantoran

microsoft_word_for_office_1.0
Microsoft Word for Office 1.0 yang dirilis ditahun 1990 | Kredit gambar TheWindowsClub.com

Microsoft memperkenalkan sofware atau perangkat lunak perkantorannya yaitu Microsoft Office, tahun 1990. Perangkat lunak ini terdiri dari beberapa aplikasi produktivitas kantor, seperti Microsoft Word dan Microsoft Excel. Pada tanggal 22 Mei, Microsoft meluncurkan Windows 3.0 dengan grafis antarmuka pengguna baru dan kapabilitas mode terlindungi mutakhir untuk prosesor Intel 386.

Baik Office dan Windows menjadi produk pendominasi di bidangnya masing-masing. Novell sebagai pesaing Word pada 1984–1986, mengajukan tuntutan hukum beberapa tahun kemudian yang mengklaim bahwa Microsoft meninggalkan sebagian API-nya tak terdokumentasi untuk mendapatkan keunggulan dalam bersaing.

Microsoft Perusahaan Sistem Operasi Terbesar Dunia

Sejak 1990-an, perusahaan ini semakin terdiversifikasi dari pasar sistem operasi dan telah melakukan sejumlah akuisisi perusahaan. Pada bulan Mei 2011, Microsoft membeli Skype Technologies senilai $8,5 miliar dan yang terbesar dalam sejarah Microsoft adalah akuisisi LinkedIn sebesar $26,2 miliar pada Desember 2016.

Pada tahun 2015, Microsoft berhasil mendominasi pasar sistem operasi IBM-PC yang kompatibel, dan pasar software perkantoran melalui Microsoft Officenya (meskipun sekarang telah kehilangan sejumlah besar pasarnya diakibatkan oleh Android). Microsoft juga memproduksi berbagai perangkat lunak konsumen dan perusahaan lainnya untuk desktop, laptop, tab, gadget, server, dll. Termasuk pencarian Internet (dengan Bing), pasar layanan digital (melalui MSN), realitas campuran (HoloLens), cloud komputasi (Azure) dan pengembangan perangkat lunak (Visual Studio).

Steve Ballmer menggantikan Bill Gates sebagai CEO pada tahun 2000, dan kemudian menciptakan sebuah strategi “perangkat dan layanan”, dan mulai dengan mengakuisisi Danger Inc. pada tahun 2008, Microsoft memasuki pasar produksi komputer pribadi untuk pertama kalinya, lalu pada bulan Juni 2012 meluncurakan Microsoft Surface komputer tablet dan kemudian membuat Microsoft Mobile melalui akuisisi divisi perangkat dan layanan Nokia. Satya Nadella mengambil alih sebagai CEO pada tahun 2014, perusahaan semakin meningkat yang membantu saham perusahaan mencapai nilai tertinggi sejak Desember 1999 yang lalu.

Pada tahun 2018, Microsoft melampaui Apple Inc. sebagai perusahaan publik yang paling bernilai di dunia dan menjadi perusahaan publik AS ketiga yang bernilai lebih dari $1 triliun setelah Apple dan Amazon, masing-masing mencapai kapitalisasi pasar triliun dolar pada tahun 2018.

 

*Diolah dari berbagai sumber

Bagikan artikel ini:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini