Home HISTORY Sejarah AMD Inc (Advanced Micro Devices)

Sejarah AMD Inc (Advanced Micro Devices)

2
Sejarah AMD Inc (Advanced Micro Devices)
AMD Head Office Markham. Kredit foto https://arclightcontrols.com/
Perkiraan waktu membaca artikel ini: 9 minutes

TECHSTORY.ID – AMD atau Advanced Micro Devices Inc merupakan sebuah perusahaan semikonduktor multinasional Amerika Serikat yang berkantor pusat di Santa Clara, California Amerika Serikat. AMD mengembangkan prosesor komputer dan teknologi terkait untuk pasar bisnis dan konsumen. Pada mulanya pihak AMD memproduksi prosesor sendiri, perusahaan kemudian mengalihdayakan pembuatannya, sebuah praktik yang dikenal sebagai fabless, setelah GlobalFoundries dipisah pada tahun 2009. Produk utama AMD termasuk mikroprosesor, chipset motherboard, prosesor tertanam dan prosesor grafis untuk server, workstation, komputer pribadi dan aplikasi sistem tertanam.

AMD juga merupakan pemasok terbesar kedua dan satu-satunya pesaing utama Intel di pasar untuk mikroprosesor berbasis x86. Sejak mengakuisisi ATI pada tahun 2006, AMD dan pesaingnya Nvidia telah mempertahankan duopoli di pasar unit pemrosesan grafis diskrit (GPU) hingga saat ini.

AMD secara resmi didirikan pada tanggal 1 Mei 1969 oleh Jerry Sanders, bersama dengan tujuh rekannya dari Fairchild Semiconductor. Sanders, seorang insinyur listrik yang merupakan direktur pemasaran di Fairchild, dan eksekutif Fairchild lainnya menjadi frustrasi dengan semakin kurangnya dukungan, peluang, dan fleksibilitas dalam perusahaan, dan memutuskan untuk pergi untuk memulai perusahaan semikonduktornya sendiri. Tahun sebelumnya Robert Noyce, yang telah mengembangkan sirkuit silikon terintegrasi pertama pada tahun 1959 di Fairchild, telah meninggalkan Fairchild bersama dengan Gordon Moore dan mendirikan perusahaan semikonduktor Intel pada bulan Juli 1968.

jerry_sanders_pendiri_amd
Walter Jeremiah Sanders III pendiri AMD.

Walter Jeremiah Sanders III (lahir 12 September 1936) merupakan salah satu pendiri dan CEO dari perusahaan produsen semikonduktor AMD. Jerry Sanders III dibesarkan di South Side Chicago, Illinois, dia dibesarkan oleh kakek-nenek dari ayahnya. Dia mengambil kuliah di Universitas Illinois di Urbana-Champaign atas beasiswa dari Pullman railroad car company. Kemudian Sanders III lulus sebagai sarjana dalam bidang teknik pada tahun 1958. Setelah lulus dia bekerja di Douglas Aircraft Company. Dia kemudian pindah ke Motorola, kemudian ke Fairchild Semiconductor. Dia dikenal sebagai salah satu penjual terbaik di Fairchild pada tahun 1960-an dan dikenal karena gayanya dan pujiannya. Pada 1968 Sherman Fairchild membawa tim manajemen baru ke dalam Fairchild Semiconductor, dipimpin oleh C. Lester Hogan, yang pada saat itu merupakan wakil presiden dari Motorola. Pasukan dari Motorola dikenal sebagai Hogan’s Heroes sangat konservatif dan tidak lama kemudian berbenturan dengan gaya Sander yang bersemangat tinggi.

Pada tahun 1969 sekelompok insinyur Fairchild memutuskan untuk memulai sebuah perusahaan baru, yang menjadi AMD. Mereka meminta Jerrry Sander untuk bergabung bersama mereka, dan dia bilang dia setuju, dnegan syarat dia menjadi presiden perusahaan tersebut. Meskipun terjadi banyak ketidaksetujuan dalam kelompok tersebut, namun mereka setuju dan perusahaan baru itu dibentuk dengan Sanders sebagai Presiden.

Sanders menjalankan gayanya dalam posisinya sebagai CEO dari AMD. Dia tetap menjadi penjual yang ahli perusahaan tersebut, selalu hadir dalam negosiasi yang berat dan mendekati mereka. Dia suka mengunjungi kantor Los Angeles dekat Hollywood dan tinggal di Hotel Hilton di Beverly Hills. Sanders selalu ingin menghasilkan uang, tetapi dia juga sadar bahwa kunci untuk mendapatkan kekayaan adalah dengan membuat orang di AMD juga mendapatkan banyak uang juga. Semakin dia kaya, dia juga memberikan kekayaannya dengan royal kepada pegawainya. Pada akhir kwartal pertama dimana perusahaan mereka menghasilkan $1 juta, Sanders berdiri di pintu perusahaan dan memberikan selembar $100 ke seluruh pegawainya pada saat mereka meninggalkan kantor. Seluruh pegawain di perusahaan tersebut mendapatkan pilihan saham, sebuah inovasi besar pada saat itu.

Sanders membuat orientasi penjualan dan pemasaran yang kuat bagi perusahaan tersebut, sehingga perusahaan tersebut cukup sukses meskipun sedikit di belakang pesaingnya dalam teknologi dan produksi. Dia membagi kesuksesan perusahaannya dengan pegawai, biasanya bertepatan dengan pencapaian target penjualan. Suatu waktu, saat target penjualan tercapai, perusahaan mengadakan undian di antara para pegawai, dan seorang pekerja produksi imigran di Sunnyvale, California memenangkan $1000 per bulan selama 20 tahun (AS$ 240.000).

Dia juga mendorong perusahaan di saat-saat sulit. Pada 1974, ketika resesi yang parah terjadi hampir membuat perusahaan bangkrut, namun sebuah kontrak penjualan dengan salah satu distributor perusahaan menyelamatkan perusahaan tersebut. Meskipun banyak terjadi resesi yang sulit dia menolak untuk memberhentikan para pekerja. Bukannya memotong jumlah karyawan, dia meminta para pekerja untuk bekerja hari Sabtu untuk menghasilkan lebih banyak dan menghasilkan produk baru lebih cepat.

Pada 1982, dia berhasil mendapatkan perjanjian lisensi dengan Intel yang membuat AMD sebuah sumber kedua bagi IBM untuk seri mikroprosesor Intel, sebuah perjanjian yang akhirnya membuat perusahaan ini satu-satunya pesaing nyata bagi Intel. Pada 2000, Sanders merekrut Héctor Ruiz, yang pada saat itu merupakan presiden sektor produksi di Motorola. Ruiz direkut untuk menjadi presiden AMD dan juga CEO perusahaan, menjadi penerus untuk memimpin perusahaan tersebut pada saat Sander akan pensiun. Ruiz menggantikan posisi Sanders sebagai CEO pada tahun 2002.

Awal perjuangan AMD

Pada bulan September 1969, AMD pindah dari lokasi sementara di Santa Clara ke Sunnyvale, California. Untuk segera mengamankan kepemilikan resmi, AMD awalnya menjadi pemasok kedua microchip yang dirancang oleh Fairchild dan National Semiconductor. AMD pertama kali berfokus pada produksi chip logika. Perusahaan menjamin kontrol kualitas ke United States Military Standard, sebuah keuntungan dalam industri komputer awal, karena kurangnya pelayanan dari banyaknya perusahaan microchip adalah masalah utama yang ingin dihindari oleh pelanggan, termasuk produsen komputer, industri telekomunikasi, dan produsen instrumen.

Pada November 1969, perusahaan memproduksi produk pertamanya, yaitu Am9300, register geser MSI 4-bit, yang mulai dijual pada tahun 1970. Juga pada tahun 1970, AMD memproduksi produk eksklusif pertamanya, penghitung logika Am2501, yang sangat sukses dipasaran. Produk terlaris di tahun 1971 adalah Am2505, pengganda tercepat yang tersedia.

am-2501
AM-2501. Kredit gambar amd-id.com

Pada tahun 1971, AMD memasuki pasar chip RAM, dimulai dengan Am3101, RAM bipolar 64-bit. Tahun itu AMD juga sangat meningkatkan volume penjualan dari sirkuit terintegrasi liniernya, dan pada akhir tahun total penjualan tahunan perusahaan mencapai US $ 4,6 juta.

AMD go public pada September 1972. Perusahaan ini adalah sumber kedua untuk Sirkuit Intel MOS / LSI pada tahun 1973, dengan produk-produk seperti Am14 / 1506 dan Am14 / 1507, register pergeseran dinamis ganda 100-bit. Pada tahun 1975, AMD memproduksi 212 produk, termasuk Am9102 (sebuah N-channel 1024-bit RAM statis) dan tiga sirkuit Schottky MSI berdaya rendah, yaitu Am25LS07, Am25LS08, dan Am25LS09.

Intel telah menciptakan mikroprosesor pertama, 4-bit 4004, pada tahun 1971 disusul pada tahun 1975, AMD memasuki pasar mikroprosesor dengan Am9080, tiruan Intel 8080, dan keluarga mikroprosesor bit-slice Am2900. Ketika Intel mulai memasang mikrokode pada mikroprosesornya pada tahun 1976, ia menandatangani perjanjian lisensi silang dengan AMD, memberikan AMD hak cipta kepada mikrokode dalam mikroprosesor dan periferalnya pada Oktober 1976.

Pada tahun 1977, AMD mengadakan usaha patungan dengan Siemens, konglomerat teknik Jerman yang ingin meningkatkan keahlian teknologinya dan memasuki pasar A.S. Siemens membeli 20% saham AMD, memberikan AMD suntikan uang tunai untuk meningkatkan lini produknya. Tahun itu kedua perusahaan juga bersama-sama mendirikan Advanced Micro Computers, yang terletak di Silicon Valley dan di Jerman, memberikan AMD kesempatan untuk memasuki pengembangan mikrokomputer dan bidang manufaktur, khususnya pada AMD.

Mikroprosesor Zilog Z8000 sumber kedua. Ketika visi kedua perusahaan untuk Komputer Mikro Maju menyimpang, AMD membeli saham Siemens di divisi A.S pada tahun 1979. AMD menutup anak perusahaan Advanced Micro Computers pada akhir 1981, setelah mengalihkan fokus ke pembuatan mikroprosesor Intel x86 versi kedua.

Total penjualan pada tahun 1978 mencapai $ 100 juta, dan pada 1979, AMD memulai debutnya di New York Stock Exchange. Pada tahun 1979, produksi juga dimulai pada fab semikonduktor AMD yang baru di Austin, Texas, perusahaan tersebut telah memiliki fasilitas perakitan luar negeri di Penang dan Manila, dan memulai konstruksi pada fab semikonduktor di San Antonio pada tahun 1981. Pada tahun 1980, AMD mulai memasok produk semikonduktor untuk telekomunikasi, sebuah industri yang mengalami ekspansi dan inovasi yang cepat.

Perjanjian transfer teknologi dengan Intel

Intel telah memperkenalkan mikroprosesor x86 pertama pada tahun 1978. Pada tahun 1981, IBM menciptakan PC-nya, dan menginginkan prosesor Intel x86, tetapi hanya dengan syarat bahwa Intel juga menyediakan produsen sumber kedua untuk mikroprosesor x86 yang dipatenkannya. Intel dan AMD menandatangani perjanjian pertukaran teknologi 10 tahun, pertama kali ditandatangani pada Oktober 1981 dan secara formal dieksekusi pada Februari 1982.

Persyaratan perjanjian adalah bahwa setiap perusahaan dapat memperoleh hak untuk menjadi produsen sumber kedua produk semikonduktor yang dikembangkan oleh yang lain. Jadi masing-masing pihak dapat “memperoleh” hak untuk memproduksi dan menjual produk yang dikembangkan oleh pihak lain, jika disetujui, dengan menukar hak-hak manufaktur dengan produk dengan kompleksitas teknis yang setara. Informasi teknis dan lisensi yang diperlukan untuk membuat dan menjual suatu bagian akan ditukar dengan royalti kepada perusahaan yang sedang berkembang. Perjanjian tahun 1982 juga memperpanjang perjanjian tahun 1976 AMD dan Intel, hingga perjanjian lintas lisensi tahun 1995.

Perjanjian tersebut termasuk hak untuk mengajukan arbitrase perselisihan, dan setelah lima tahun hak salah satu pihak untuk mengakhiri perjanjian dengan pemberitahuan satu tahun. Hasil utama dari perjanjian 1982 adalah bahwa AMD menjadi produsen sumber kedua mikroprosesor x86 Intel dan chip terkait, dan Intel menyediakan kaset basis data untuk chip 8086, 80186, dan 80286.

Dimulai pada tahun 1982, AMD mulai memproduksi 8086, 8088, 80186 dan 80188 sumber-sumber volume kedua yang berlisensi Intel, dan pada tahun 1984, klon Am286 sendiri dari prosesor 80286 Intel, untuk pasar IBM PC dan klon IBM yang berkembang pesat. Ini juga melanjutkan konsentrasi yang sukses pada chip bipolar eksklusif. Pada tahun 1983, ia memperkenalkan INT.STD.1000, standar kualitas manufaktur tertinggi di industri.

eeprom-512k
EEPROM 512K

Perusahaan terus menghabiskan banyak untuk penelitian dan pengembangan dan di samping produk terobosan lainnya, menciptakan EEPROM 512K pertama di dunia pada tahun 1984. Pada tahun itu AMD terdaftar dalam buku The 100 Best Companies to Work for America.

Namun, pada pertengahan 1985, pasar microchip mengalami penurunan yang parah, terutama karena praktik perdagangan jangka panjang yang agresif (dumping) dari Jepang, serta juga karena pasar chip yang ramai dan tidak inovatif di AS. AMD mengeluarkan pernyataan di pertengahan tahun 1980-an secara agresif untuk melakukan inovasi dan memodernisasi. Dirancanglah program Liberty Chip dan membuat satu chip atau chip baru yang akan di update per minggu selama 52 minggu pada tahun 1986. AMD juga ikut melobi pemerintah AS agar memberikan sanksi dan pembatasan terhadap penetapan harga  produk chip dari Jepang. Selama periode ini, AMD menarik diri dari pasar DRAM, dan pada saat yang sama membuat beberapa kemajuan ke pasar CMOS, yang telah tertinggal, dan mulai berfokus pada chip bipolar.

AMD memiliki beberapa keberhasilan pada pertengahan 1980-an dengan modem FSK “World Chip” AMD7910 dan AMD7911, salah satu perangkat multi-standar pertama yang mencakup nada Bell dan CCITT hingga 1200 baud half duplex atau 300/300 full duplex. Mulai tahun 1986, AMD melakukan perubahan ke arah RISC dengan prosesor AMD Am29000 (29k) yang merupakan produk mereka sendiri. Perusahaan juga meningkatkan pangsa pasar memori EPROM di akhir 1980-an. Sepanjang 1980-an, AMD adalah pemasok sumber kedua prosesor Intel x86. Pada tahun 1991, AMD memperkenalkan Am386 yang kompatibel dengan 386, sebuah chip yang dirancang AMD dan membuat chip sendiri. AMD pada saat itu mulai bersaing langsung dengan Intel.

AMD memiliki bisnis memori flash yang besar dan sukses, bahkan pada masa dotcom. Pada tahun 2003, untuk mendivestasikan beberapa manufaktur dan membantu arus kas perusahaan secara keseluruhan, yang mengalami tekanan dari persaingan kompetisi mikroprosesor dari Intel. AMD kemudian melepaskan bisnis memori flash dan manufaktur ke Spansion, sebuah perusahaan patungan dengan Fujitsu, yang merupakan co-manufacturing flash memori dengan AMD sejak 1993. AMD mendivestasikan dirinya sendiri dari Spansion pada bulan Desember 2005, untuk fokus pada pasar mikroprosesor.

Mengakuisisi ATI 

Pada tanggal 24 HUlu 2006, AMD mengumumkan akuisisi perusahaan prosesor grafis ATI Technologies. AMD membayar $ 4,3 miliar dalam bentuk tunai dan 58 juta saham, dengan total sekitar $ 5,4 miliar dan transaksi selesai pada 25 Oktober 2006. Pada 30 Agustus 2010, AMD mengumumkan akan menghentikan merek ATI untuk chipset grafisnya demi nama merek AMD.

ati_technologies
Ati Technologies Inc

Pada Oktober 2008, AMD mengumumkan rencana untuk memisahkan operasi manufaktur dalam bentuk usaha patungan bernilai miliaran dolar dengan Advanced Technology Investment Co., sebuah perusahaan investasi yang dibentuk oleh pemerintah Abu Dhabi. Usaha baru ini disebut GlobalFoundries Inc. Kemitraan dan spin-off memberi AMD suntikan uang tunai dan memungkinkan AMD untuk fokus hanya pada desain chip. Untuk meyakinkan para investor Abu Dhabi tentang keberhasilan usaha baru ini, CEO Hector Ruiz mengundurkan diri sebagai CEO AMD pada Juli 2008, sambil tetap menjadi Ketua Eksekutif, dalam persiapan untuk menjadi Ketua Global Foundries pada Maret 2009. President dan COO Dirk Meyer menjadi CEO AMD. Akibat resesi ekonomi, mengharuskan AMD merumahkan 1.100 pekerja pada tahun 2009.

Pada bulan Agustus 2011, AMD mengumumkan bahwa mantan eksekutif Lenovo Rory Read akan bergabung dengan perusahaan sebagai CEO, menggantikan Meyer. AMD mengumumkan pada November 2011 rencana untuk memberhentikan lebih dari 10% (1.400) karyawannya dari seluruh divisi di seluruh dunia. Pada bulan Oktober 2012, ia mengumumkan rencana untuk memberhentikan 15% dari tenaga kerjanya untuk mengurangi biaya dalam menghadapi penurunan pendapatan penjualan.

AMD mengakuisisi pabrikan server berdaya rendah SeaMicro pada awal 2012, dengan tujuan untuk mengeluarkan chip server arsitektur ARM. Pada 8 Oktober 2014, AMD mengumumkan bahwa Rory Read telah mengundurkan diri setelah tiga tahun sebagai presiden dan CEO. Dia digantikan oleh Lisa Su, seorang letnan kunci yang telah menjabat sebagai chief operating officer sejak Juni.

Pada 16 Oktober 2014, AMD mengumumkan rencana restrukturisasi baru bersama dengan hasil Q3-nya. Efektif 1 Juli 2014, AMD direorganisasi menjadi dua kelompok bisnis, yaitu Komputasi dan Grafik, yang terutama mencakup prosesor dan chipset desktop dan notebook, GPU terpisah, grafik profesional dan Enterprise, Embedded dan Semi-Custom, yang terutama mencakup server dan prosesor tertanam, server padat, produk SoC semi-custom (termasuk solusi untuk konsol game), layanan teknik, dan royalti. Sebagai bagian dari restrukturisasi ini, AMD mengumumkan bahwa 7% dari tenaga kerja globalnya akan diberhentikan pada akhir 2014.

Sampai sekarang perkembangan microprosesor masih terus berlanjut dan Intel tetap merajai dunia microprosesor. Hal ini juga tidak terlepas dari Hukum Moore, yakni hukum yang dilontarkan oleh Gordon Moore pada tahun 1965. Kala itu, Moore memprediksikan jumlah transistor yang ada pada integrated circuit (IC) akan berlipat ganda setiap tahunnya. Pernyataan ini diperbaharui Moore di tahun 1995, dengan penelitian bahwa kelipatan ganda jumlah transistor hanya akan terjadi setiap dua tahun sekali. Hukum Moore sampai sekarang menjadi panduan bagi Intel untuk memacu prosesornya agar semakin andal, terutama peningkatan kecepatan dengan penurunan harga yang sangat signifikan.

 

*Diolah dari berbagai sumber

 

Bagikan artikel ini:

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Solve : *
16 + 2 =