Home INSIGHT Penggunaan Sosial Media Berlebihan Pengaruhi Potensi Depresi

Penggunaan Sosial Media Berlebihan Pengaruhi Potensi Depresi

0
Penggunaan Sosial Media Berlebihan Pengaruhi Potensi Depresi
Penggunaan Sosial Media Berlebihan Pengaruhi Potensi Depresi. Kredit photo unsplash.com
Perkiraan waktu membaca artikel ini: < 1 minute

TECHSTORY.ID – Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Brian Primack, seorang Dekan di College of Education and Health Professions University of Arkansas menemukan sebuah fakta, bahwa orang dewasa muda yang penggunaan sosial medianya berlebihan secara signifikan berpotensi mengalami depresi dalam jangka waktu enam bulan.

Dibandingkan dengan yang mengakses sosial media kurang dari 2 jam per hari, misalnya, orang dewasa muda yang menghabiskan waktu lebih dari 5 jam per hari di media sosial 2,8 kali lebih berpotensi depresi dalam enam bulan.

Hasil penelitian ilmiah yang akan terbit dalam American Journal of Preventive Medicine edisi Februari 2021 mendatang itu telah menjawab fenomena serupa telur dan ayam, yang mempertanyakan manakah yang muncul lebih dulu, apakah penggunaan sosial media berlebih berhubungan dengan depresi.

“Kami tahu dari penelitian besar lainnya bahwa depresi dan penggunaan media sosial cenderung berjalan bersamaan, tetapi memang sulit untuk mengetahui mana yang lebih dulu,” ujar Brian yang juga merupakan profesor di bidang kesehatan masyarakat.

Dalam penelitian ini, terungkap bahwa penggunaan media sosial yang intens berpotensi meningkatkan depresi.

“Namun, depresi awal tidak menyebabkan perubahan apa pun dalam penggunaan media sosial,” kata Brian.

Hasil penelitian ini sangat penting mengingat depresi baru-baru ini dinyatakan sebagai penyebab utama kecacatan oleh Organisasi Kesehatan Dunia. Selain itu, dia pun menekankan bahwa temuan ini juga sangat penting dipertimbangkan di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Sekarang semakin sulit untuk terhubung secara sosial secara langsung, kita semua menggunakan lebih banyak teknologi seperti media sosial. Meskipun menurut saya teknologi itu pasti bisa berharga, saya juga mendorong orang untuk merenungkan pengalaman teknologi mana yang benar-benar berguna bagi mereka dan yang mana yang membuat mereka merasa hampa,” ujar Brian.

Bagikan artikel ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Solve : *
8 × 14 =