Home TREN SISTEM OPERASI Microsoft Akan Hadirkan Sejumlah Perubahan Besar di 2021

Microsoft Akan Hadirkan Sejumlah Perubahan Besar di 2021

0
Microsoft Akan Hadirkan Sejumlah Perubahan Besar di 2021
Microsoft Akan Hadirkan Sejumlah Inovasi di 2021. Kredit gambar Microsoft
Perkiraan waktu membaca artikel ini: 2 minutes

TECHSTORY.ID – Microsoft banyak melakukan perubahan besar selama kepemimpinan Satya Nadella. Hal ini ditunjukan dengan lebih terbukanya sistem operasi Windows terhadap platform lain. Windows saat ini dapat menjalankan binari dari Linux secara native. Dan yang terbaru rencananya Windows akan dapat menjalankan aplikasi yang khusus dibuat untuk sistem operasi Android. Hal ini sedang menjadi pembicaraan secara internal dari Microsoft untuk menambahkan runtime Android pada sistem operasi Windows 10. Laporan ini pertama kali disebut oleh Windows Central. Aplikasi tersebut nantinya bakal tersedia melalui Windows Store yang sudah ada pada setiap Windows 10.

windows 10

Jika hal ini nantinya terjadi, bayangkan saja berapa banyak aplikasi gratis yang bisa dijalankan pada sebuah PC. Selama ini, kita hanya bisa menjalankan aplikasi Android melalui sebuah emulator, seperti Bluestack atau NOX. Bahkan beberapa game Android juga sudah memiliki emulatornya tersendiri, seperti untuk PUBG Mobile dan Call of Duty Mobile. Namun belum diketahui apakah nantinya Microsoft akan bekerja sama dengan Google untuk menghadirkan Google Play ke Windows 10.

Microsoft juga nantinya bakal menghadirkan emulasi untuk aplikasi x86 64 bit pada Windows 10 ARM. Saat ini, masalah terbesar pada sistem operasi Windows 10 untuk ARM adalah minimnya aplikasi yang ada. Nantinya, sebagian besar software yang dapat berjalan di Windows 10 bakal bisa dijalankan pada Windows 10 ARM. Perangkat seperti Surface Pro X yang menggunakan Windows 10 ARM nantinya akan bisa menjalankan berbagai macam software x86.

suface pro
Kredit gambar Microsoft

Microsoft rencananya juga akan menghadirkan Windows 10X, sebuah sistem operasi yang akan menandingi ChromeOS. Windows 10X nantinya akan menjadi OS yang ringan, bisa membuat daya tahan baterai yang lebih panjang, serta dapat menjalankan aplikasi Windows 32 bit. Perangkat dengan sistem operasi ini nantinya bakal ada pada musim semi tahun 2021.

Selain itu juga Microsoft juga akan menghadirkan layanan baru yang disebut dengan Cloud PC. Layanan ini merupakan sebuah sistem operasi Windows yang berjalan pada Cloud di mana pengguna bisa melakukan instalasi aplikasi ke dalamnya dan dapat dijalankan dari perangkat mana pun. Hal ini pula yang bakal membuat Windows 10X bisa diinstalasikan software Windows 32 bit. Cloud PC nantinya akan terintegrasi dengan Microsoft 365 dan akan muncul pada menu Start dari sistem operasi Windows 10.

Bagikan artikel ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Solve : *
7 + 21 =