Perkiraan waktu membaca artikel ini: < 1 minute

TECHSTORY.ID – Diketahui beberapa pengguna Instagram melaporkan bahwa mereka telah menerima notifikasi perihal untuk melakukan reset password. Pengirim pesan tersebut mengaku dari pihak Instagram.

Salah satu pengguna Instagram men-tweet: “Apakah ada orang lain yang mendapatkan notifikasi dari Facebook yang mengatakan ‘Ketuk untuk mengatur ulang kata sandi Instagram kamu dengan tautan http://ig.me?’ Saya tidak yakin kalau itu benar-benar dari Instagram.”

Pengguna lain menulis: “Jika Instagram hanya mengirimi saya SMS untuk menyetel ulang sandi, itu berarti seseorang mencoba meretas saya.”

Dikutip dari laman Mirror, Jumat (27/11/2020), pesan tersebut bukan dari Instagram dan kemungkinan besar adalah penipuan phishing baru yang dirancang untuk mencuri kata sandi pengguna dan mengakses akun mereka. Penting untuk diperhatikan bahwa Instagram hanya akan memberi tahu jika kamu perlu memperbarui kata sandi melalui email ke alamat email resmi kamu.

“Apa yang perlu disadari oleh konsumen adalah bahwa jenis teks palsu ini biasanya dieksploitasi dengan cara tertentu oleh peretas sehingga penting bagi mereka untuk tidak mengeklik tautan yang ada di dalamnya dan menghapusnya sekaligus,” kata Ray Walsh, Pakar Privasi dari ProPrivacy.

Walsh menyarankan, jika tautan diklik secara tidak sengaja, pengguna harus memutuskan sambungan perangkat dari internet dan menutup halaman. Untuk diketahui, Instagram baru-baru ini meluncurkan pembaruan yang memungkinkan kamu untuk melihat kapan secara resmi Instagram menghubungi kamu melalui email.

Cukup buka aplikasi Instagram, pilih Pengaturan> Keamanan> Email dari Instagram.

Instagram Menu

Walsh menambahkan fitur ini adalah cara yang baik untuk mendapatkan kejelasan mutlak tentang apakah Instagram telah mencoba untuk menghubungi kamu dan memastikan bahwa pengguna dapat mendeteksi email phishing jika mereka menerimanya.

 

Bagikan artikel ini:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Solve : *
12 ⁄ 6 =