Perkiraan waktu membaca artikel ini: 3 minutes

TECHSTORY.ID – AI atau Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) saat ini sudah menjadi bagian dari peradaban manusia, jika beberapa puluh tahun lalu, teknologi AI lebih sering kita lihat dalam film fiksi ilmiah, salah satunya film Star Wars. AI saat ini sudah diaplikasikan dalam berabgai bidang, guna menunjang dan membantu aktivitas manusia.

penggunaan teknologi AI
Penggunaan teknologi AI pada industri. Kredit Unsplash.com

Difinisi AI dari berbagai pendapat ilmuwan

“Kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang –dalam pandangan manusia adalah– cerdas”
– H. A. Simon (1987)

“Kecerdasan Buatan (AI) merupakan sebuah studi tentang bagaimana membuat komputer melakukan hal-hal yang pada saat ini dapat dilakukan lebih baik oleh manusia”
– Rich and Knight (1991)

“Bagian dari ilmu komputer yang mempelajari bagaimana membuat mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang dilakukan oleh manusia bahkan bisa lebih baik daripada yang dilakukan manusia”
– Idhawati Hestiningsih

Dari beberapa definisi yang dikemukan oleh para ilmuwan diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa AI (Artificial Intelligence) / kecerdasan buatan merupakan sebuah teknologi komputer atau mesin yang memiliki kecerdasan layaknya manusia. Sederhananya gini sebuah instruksi pintar yang diberikan kepada program maupun mesin.

Tujuan dibuatnya AI

Menurut Winston dan Prendergast (1984), tujuan kita membuat AI itu ada 3 yaitu ;

1. Membuat mesin menjadi lebih pintar (tujuan utama)

Misal kita ambil contoh komputer, mesin itu dibuat yang awal mulanya hanya bisa digunakan untuk mengetik begitu dikembangkan fungsinya sehingga dapat digunakan dalam berbagai macam hal seperti bermain game, mulitmedia, editing, dll.

2. Memahami apa itu kecerdasan (tujuan ilmiah)

Seiring dengan laju perkembangan teknologi dengan diciptakannya artificial intelligence itu sendiri dianggap mampu membantu dalam memecahkan masalah secara efektif, efisien, dan lebih teliti.

3. Membuat mesin lebih bermanfaat (tujuan entrepreneurial).

Keadaan AI pada mesin dapat meningkatkan akurasi pemrosesan. Hal ini tentunya membuat pekerjaan pun menjadi lebih ringan dan dapat memberikan hasil secara maksimal.

Dampak dari AI

Keuntungan yang didapatkan dari penggunaan AI

1. AI bersifat permanen.

Maksudnya kecerdasan mereka dapat digunakan berulang2.

2. AI menawarkan kemudahan.

Tentunya karena berbagai data dari kecerdasan manusia telah disimpan di AI, kita jadi bisa mudah mengaksesnya lagi.

3. AI bersifat konsisten dan teliti.

Jadi kecerdasan mereka itu tidak akan pernah berkurang.

4. AI dapat didokumentasi.

Dapat disimpan entah diarsipkan ataupun berupa panduan untuk generasi berikutnya.

Kerugian yang didapatkan dari penggunaan AI

1. AI tidak memiliki common sense.

Common sense sendiri merupakan sesuatu yang membuat kita tidak sekedar memproses informasi, namun kita mengerti informasi tersebut. Kemengertian ini hanya dimiliki oleh kita sebagai manusia.

2. Kecerdasan AI terbatas pada apa yang diberikan kepadanya (terbatas pada program yang diberikan).

Alat teknologi artificial intelligence tidak dapat mengolah informasi yang tidak ada dalam sistemnya. Sebagaimana sistem yang hanya digunakan untuk mengenali suara manusia dalam bahasa indonesia, selamanya tidak akan pernah mampu mengenali bahasa yunani tanpa ada fungsi didalamnya.

Penerapan AI dalam bidang kehidupan manusia

1. Dalam bidang game

Setiap game pasti memiliki AI standar, misalnya jika anda memerintah ini, maka si AI akan menjalankan tugasnya. Bahkan banyak game-game yang bertemakan sci-fi seperti HALO, Mass Effect, Crysis, dll di dalam game tersebut masing-masing karakter memiliki AI nya sendiri. Jadi ini bisa dikatakan AI di dalam AI.

2. Dalam bidang pendidikan

Kalau ada tugas atau kerjaan hampir kebanyakan kita mencari-cari kata kuncinya ke google, udah nggak ke buku lagi, alasannya tentu lebih praktis, mudah, dan juga rinci. Ini kan berarti peran AI sudah melekat erat pada bidang pendidikan. Istilahnya yaitu eLearning.

Sedikit penjelasan eLearning : eLearning adalah suatu metodologi pembelajaran yang memanfaatkan teknologi komputer (khususnya internet) sebagai medianya dan dipercaya dapat meningkatkan keberhasilan pembelajaran dan dari segi sumber daya akan dapat menghemat biaya.

3. Dalam bidang pertahanan dan keamanan

AI juga bisa dipakai untuk militer. Mungkin setelah mempertimbangkan WW1 WW2 dulu, nyawa manusia sekarang lebih diperhatikan dalam perang, makanya dibuat aneka kendaraan dan senjata dengan bantuan AI agar nyawa para prajurit lebih aman. Contohnya UAV ini

4. Dalam bidang perfilman

Selain AI juga berperan dalam proses pembuatan film itu sendiri, teknologi AI seperti ini juga banyak diangkat dalam cerita dunia perfilman. Misalnya dalam tokoh animasi seperti robot pengolah sampah Wall-E sampai film aksi Iron Man dan masih banyak lagi.

5. Dalam bidang industri

Keberadaannya AI sendiri juga sangat membantu dalam bidang industri seperti halnya pemanfaatan robot yang digunakan dalam merangkai sebuah mesin sehingga mampu memberikan kemudahan dan keamanan terhadap pengelola.

Teknologi AI ini bisa dikatakan cerdas bahkan mungkin bisa melebihi kecerdasan pada umumnya, namun kita harus ingat, bahwa manusia lah yang menciptakannya. Jadi jangan sampai terlalu bergantung kepada teknologi AI ini, memang AI dibuat agar hidup manusia menjadi lebih mudah dan praktis, tapi bukan berarti kita terus dimanjakan. Kita lah yang harusnya mengatur mereka, bukan mereka yang mengatur diri kita.

 

*Diolah dari berbagai sumber

Bagikan artikel ini:

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini