Perkiraan waktu membaca artikel ini: 4 minutes

TECHSTORY.ID – NVMe (nonvolatile memory express) adalah metode akses penyimpanan baru dan protokol pengangkutan data untuk flash dan solid-state drive (SSD) generasi terbaru yang memberikan throughput tertinggi dan waktu respons tercepat untuk semua jenis beban kerja perusahaan. Saat ini, baik dalam aplikasi dan bisnis konsumen, pengguna mengharapkan waktu respons yang semakin cepat, bahkan ketika aplikasi itu sendiri menjadi jauh lebih kompleks dan bergantung pada sumber daya.

Guna membantu dalam memberikan pengalaman pengguna dengan memanfaatkan bandwidth tinggi, latensi rendah, protokol NVMe mengakses penyimpanan flash melalui bus PCI Express (PCIe). Dengan begini NVME mampu mendukung puluhan ribu antrian perintah paralel, dengan demikian jauh lebih cepat daripada hard disk dan semua perangkat tradisional yang terbatas pada antrian perintah tunggal.

Spesifikasi NVMe sendiri mengambil keuntungan dari memori yang tidak mudah menguap di semua jenis lingkungan komputasi. Inilah yang menjadikan NVMe sebagai sebuah solusi masa depan karena dapat diperpanjang untuk bekerja dengan teknologi memori persisten yang belum ditemukan.

NVMe dan Perjalanan Evolusinya

NVMe merupakan high- performance dari NUMA (Non Uniform Memory Access) yang telah dioptimalkan dan mendapatkan protokol penyimpanan yang sangat scalable, yang menghubungkan host ke subsistem memori. Protokol ini relatif baru, kaya fitur, dan dirancang dari bawah ke atas untuk media memori non-volatile (NAND dan Persistent Memory) yang terhubung langsung ke CPU melalui antarmuka PCIe. Protokol ini dibangun di jalur PCIe kecepatan tinggi. Tautan PCIe Gen 3.0 dapat menawarkan kecepatan transfer lebih dari 2x dari antarmuka SATA.

SSD berbasis flash pertama memanfaatkan antarmuka fisik, protokol, dan faktor bentuk lama warisan SATA / SAS untuk meminimalkan perubahan pada sistem penyimpanan atau server perusahaan berbasis hard drive (HDD) yang ada. Namun, tidak ada antarmuka dan protokol ini yang dirancang untuk media penyimpanan berkecepatan tinggi (mis. NAND dan / atau memori persisten). Karena kecepatan antarmuka, kinerja media penyimpanan baru, dan kedekatan dengan CPU, PCI Express (PCIe) adalah antarmuka penyimpanan logis berikutnya.

Slot PCIe langsung terhubung ke CPU yang menyediakan akses seperti memori dan dapat menjalankan tumpukan perangkat lunak yang sangat efisien. Tetapi SSD antarmuka PCIe awal tidak memiliki standar industri atau fitur perusahaan. SSD PCIe memanfaatkan firmware eksklusif, yang sangat menantang untuk penskalaan sistem karena berbagai alasan, termasuk :

  • Menjalankan dan memelihara firmware perangkat
  • Firmware / ketidakcocokan perangkat dengan perangkat lunak sistem yang berbeda
  • Tidak selalu memanfaatkan jalur dan CPU yang tersedia dengan sebaik-baiknya. Kedekatan
  • Kurangnya fitur nilai tambah untuk beban kerja perusahaan. Ini alasan utama spesifikasi NVMe muncul karena tantangan ini

NVMe dan Pembaruan Sofwarenya

Dengan tambahan protokol NVMe-oF, arsitektur pusat data akan melihat evolusi yang signifikan. Protokol NVMe-oF memungkinkan kinerja optimal untuk aplikasi dan jaringan saat mengakses penyimpanan NVMe melalui jaringan. Dengan mengizinkan protokol NVMe untuk menjalankan fabric yang diaktifkan, protokol NVMe-oF menawarkan pengurangan hambatan dan latensi yang dibuat dari protokol fabric storage yang lebih lama.

Organisasi NVM Express baru-baru ini mendukung penambahan transportasi NVMe / TCP ke keluarga NVMe-oF, membuat NVMe-oF bahkan lebih fleksibel daripada sebelumnya. Peningkatan ini adalah sebagai tanggapan terhadap permintaan hyperscaler, karena pilihan arsitektur scale- out. Pembaruan spesifikasi yang akan datang di NVMe 1.4 dan NVMe-oF 1.1 juga memperhitungkan persyaratan hyperscaler.

Fitur-fitur baru dalam spesifikasi NVMe 1.4 seperti determinasi I / O mampu memecah setiap drive menjadi beberapa perangkat yang berbeda yang memungkinkan beberapa beban kerja I / O untuk secara independen mengakses drive, mengurangi latensi ekor panjang dan meningkatkan Kualitas Layanan (QoS). Infrastruktur perangkat lunak telah berkembang dan diadaptasi untuk mendukung protokol NVMe, menunjukkan dukungan industri terhadap teknologi revolusioner ini.

Sistem Operasi Linux melihat pembaruan infrastruktur perangkat lunak, dan infrastruktur perangkat lunak lain seperti Hypervisors telah diperbarui untuk mendukung teknologi NVMe juga menguntungkan bagi mereka. Perangkat lunak infrastruktur NVM Express, Inc. pun telah diterima di penggunaan hulu di kernel Linux. Spesifikasi NVMe dan pembaruan teknologi perangkat lunak ini menjadikan teknologi NVMe sederhana dan dapat diskalakan, sehingga meningkatkan tingkat adopsi teknologi NVMe. Ini karena pelanggan pusat data tingkat dua kini juga memanfaatkan teknologi baru ini ketika membangun pusat data mereka.

Fungsi NVme

Guna menjawab tantangan penyimpanan data dan mengurangi beban pekerjaan, NVMe adalah sebuah terobosan baru bagi pusat data perusahaan karena menghemat waktu. Berikut beberapa fungsi NVMe :

  • Tidak seperti protokol yang dirancang pada zaman hard disk drive mekanis, NVMe tidak hanya memanfaatkan penyimpanan solid-state, tetapi juga CPU multicore dan memori gigabyte saat ini.
  • Penyimpanan NVMe juga memanfaatkan set perintah yang disederhanakan untuk mengurai dan memanipulasi data secara efisien.

Keunggulan Penggunaan NVMe

Penyimpanan NVMe sudah digunakan dalam skenario bisnis di mana setiap mikrodetik penting, seperti :

  • Interaksi pelanggan waktu-nyata  (real- time) seperti keuangan, e-commerce, dan agen penjualan perangkat lunak
  • Kecerdasan buatan (AI), pembelajaran mesin (ML), data besar, dan aplikasi analitik canggih
  • DevOps, memungkinkan Anda untuk menjalankan lebih banyak iterasi dalam waktu yang lebih singkat

Fitur- Fitur NVMe

Protokol NVMe mampu memenuhi kebutuhan dinamis dan dinamis dari perusahaan dan lingkungan penyimpanan yang canggih. Tetapi bukan hanya kinerja yang membuat protokol baru ini penting untuk beban kerja berbasis data. NVMe juga memiliki beberapa fitur yang sangat inovatif yang membawa manfaat unik pada beban kerja yang ada dan kemungkinan terbuka untuk aplikasi baru. Berikut berbagi beberapa fitur NVMe yang harus Anda ketahui :

  1. Tidak memerlukan driver perangkat (khusus)
  2. Mendukung I / O Multipath, Namespaces, dan SR-IOV
  3. Multi-stream yang mengurangi penumpukan data sampah
  4. Mendukung pengambilan event Asinkron (SMART & Firmware Image Load) yang membantu membersihkan, melaporkan error dan lain- lain
  5. Mendukung boot partition
  6. Mendukung manajemen Power dan Thermal

Fitur-fitur yang menarik pada NVMe membantu menghindari terjadinya  crash untuk berbagai kondisi, mulai dari aplikasi basis data tradisional hingga arsitektur dan skala komputasi Edge yang muncul untuk memenuhi permintaan data baru. Dirancang untuk media penyimpanan berkinerja tinggi dan tidak mudah menguap, NVMe adalah satu-satunya protokol yang unggul dalam ekosistem data perusahaan, penyimpanan cloud, dan juga data yang berkembang juga intensif. Jadi tidak mengherankan kalau jika NVMe saat ini menjadi sebuah pilihan.

Bagikan artikel ini:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Solve : *
7 × 11 =