Perkiraan waktu membaca artikel ini: 3 minutes

TECHSTORY.ID – Hadirnya layanan cloud gaming memudahkan bagi para gamers dalam memainkan berbagai game AAA, hanya bermodalkan koneksi internet yang cepat dan stabil semua game  dapat dimainkan melalui smartphone maupun tablet.

Hal ini tidak berlaku di platform iOS, layanan cloud gaming terbesar saat ini GeForce Now, Stadia dan xCloud (Xbox Game Pass), tidak dapat dimainkan di iOS sama sekali. Kebijakan Apple tentang App Store yang melarang adanya aplikasi cloud gaming, membuat berbagai layanan cloud gaming tidak tersedia di perangkat iOS.

Untuk mengatasi masalah tersebut, penyedia layanan cloud gaming hanya punya dua solusi, yakni mencantumkan satu per satu game yang ditawarkan ke App Store, yang berarti masing-masing game harus melalui prosedur review standar App Store, atau menawarkan layanannya dalam bentuk web app yang dapat diakses lewat browser (Safari).

GeForce Now
Kredit gambar GeForce Now

Baik GeForce Now, Stadia maupun xCloud rupanya memutuskan untuk mengambil opsi yang kedua, terlepas dari perbedaan model bisnis yang diterapkan oleh masing-masing layanan. Nvidia jadi pertama yang telah memulainya, per 19 November 2020 kemarin, pengguna iPhone dan iPad (di negara-negara yang didukung) dapat mengakses GeForce Now dengan mengunjungi situs play.geforcenow.com di Safari.

Bukan pertama kalinya bagi GeForce Now tersedia sebagai web app, sebelumnya layanan ini sudah pernah tersedia untuk Chromebook dengan memanfaatkan teknologi serupa. Meski demikian web app ini bukanlah tanpa kekurangan. Kelemahan terbesarnya sejauh ini adalah tidak adanya dukungan untuk menyambungkan mouse dan keyboard dikarenakan keterbatasan framework WebRTC yang digunakan. Alhasil, sejumlah game yang dirancang secara spesifik untuk dimainkan dengan mouse dan keyboard harus dihapus dari katalog GeForce Now untuk iOS.

Namun menariknya, kehadiran GeForce Now di Safari ini juga berarti Fornite akan kembali hadir di iOS melalui layanan tersebut setelah resmi didepak sejak Agustus lalu. Nvidia bahkan sedang menyiapkan versi khusus agar pengguna GeForce Now dapat memainkan Fortnite di perangkat iOS tanpa bantuan controller maupun gamepad.

Google Stadia
Kredit gambar Google Stadia

Dari pihak Google dengan layanan cloud gaming Stadia, mereka mengonfirmasi bahwa mereka sedang sibuk mempersiapkan Stadia versi web app agar dapat dimainkan oleh para pengguna perangkat iOS. Kalau semuanya berjalan sesuai rencana, Google berniat merilisnya beberapa minggu dari sekarang.

Microsoft xCloud
Kredit gambar medcom.id

Sedangkan untuk Microsoft, mereka sejauh ini belum punya pernyataan resmi terkait ketersediaan xCloud di iOS, akan tetapi pada bulan Oktober lalu, Business Insider melaporkan bahwa Microsoft sudah punya niatan untuk menawarkan xCloud juga dalam wujud web app. Bahkan pendatang baru Amazon Luna pun dari jauh-jauh hari sudah memastikan bahwa layanannya bakal tersedia di iOS via browser.

Hal ini berarti pengguna perangkat iOS bakal mendapat pengalaman cloud gaming yang berbeda dari pengguna Android. Memang secara kinerja aplikasi native sering kali lebih unggul daripada web app, belum lagi soal keterbatasan-keterbatasan seperti misalnya absennya kompatibilitas mouse dan keyboard. Namun tidak menutup kemungkinan juga, perkembangan teknologi web app dalam beberapa tahun kedepan bakal lebih baik dan bagus dari apps.

Memang seperti dipaksakan hadirnya berbagai layanan cloud gaming dengan web app, namun jika melihat kenyataannya pangsa pasar perangkat iOS cukup besar, terutama di negara-negara tempat layanan-layanan ini tersedia. Hal ini tentu saja membuat semua layanan cloud gaming harus menyesuaikan diri.

 

sumber: dailysocial.id, nvidia.com

Bagikan artikel ini:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Solve : *
16 ⁄ 8 =