Perkiraan waktu membaca artikel ini: 2 minutes

TECHSTORY.IDMagSafe charger magnetik buatan Apple memang sudah lama tidak lagi digunakan sejak MacBook beralih menggunakan pengisi daya berbasis USB tipe-C pada tahun 2016. Namun beberapa waktu lalu, saat pihak Apple memperkenalkan iPhone 12, MagSafe ternyata kembali diaktifkan. Namun kali ini bukan berupa charger untuk MacBook, melainkan serangkaian aksesori yang dapat menempel pada punggung iPhone dengan magnet.

komponen_magsafe
Rangkaian komponen pendukung MagSafe yang ditanamkan di jajaran iPhone 12. Kredit gambar Apple

Pihak Apple menyediakan laman khusus MagSafe di toko online miliknya. Di sini bisa dilihat bahwa ada beragam aksesori yang menggunakan nama “MagSafe”, termasuk MagSafe Charger, Silicone Case with MagSafe, hingga dompet kecil Leather Wallet with MagSafe. “MagSafe adalah ekosistem aksesori baru yang bisa dipasang dengan mudah dan memungkinkan wireless charging dengan lebih cepat. Dengan kombinasi yang tak terbatas, selalu ada pilihan yang cocok dengan gaya Anda,” tulis Apple.

Aksesori MagSafe juga disebutkan kompatibel dengan keempat model iPhone teranyar, yakni iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone Pro, dan iPhone Pro Max. Kuartet smartphone itu memang dibekali rangkaian komponen khusus di bagian punggung untuk menempelkan aksesori MagSafe. Untuk fungsi pengisian baterai, charger MagSafe bisa langsung ditempelkan di iPhone 12 layaknya mengisi daya Apple Watch. Proses charging akan dilakukan secara wireless dengan keluaran daya sebesar 15 watt. Komponen pendukung MagSafe yang tertanam di jajaran iPhone 12 juga memungkinkan ponsel mengenali dan bereaksi sesuai dengan jenis aksesori yang terpasang.

Dikutif dari The Verge, Selasa (14/ 10/2020), ada sebuah cover MagSafe yang apabila dipasang akan membuat layar iPhone menampilkan sebuah jam, yang bisa dilihat lewat sebuah lubang di cover tersebut.

aksesori_magsafe
Salah satu aksesori MagSafe yang akan membuat iPhone 12 menampilkan jam di layar, yang bisa dilihat melalui celah di cover. Kredit gambar Apple.

Saat ini masih baru beberapa aksesori MagSafe yang tersedia untuk iPhone 12. Besar kemungkinan jumlahnya akan bertambah seiring waktu. Pihak Apple juga membuka ekosistemnya untuk pihak ketiga, sehingga nanti pasaran MagSafe bakal turut diramaikan oleh aksesori-aksesori buatan perusahaan lain.

Bagikan artikel ini:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Solve : *
10 × 24 =