Perkiraan waktu membaca artikel ini: 3 minutes

TECHSTORY.ID – Apple kembali merilis daftar aplikasi App Store terbaik tahun 2020. Daftar yang berisi 15 aplikasi maupun game yang telah terbukti telah membuat hidup menjadi lebih mudah, lebih sehat, dan lebih terhubung bagi para pengguna di tahun 2020 ini. Selain itu juga Apple juga mengumumkan penghargaan untuk iPhone App of The Year yang pada tahun 2020 ini diberikan kepada Wakeout.

Wakeout merupakan aplikasi olahraga ringan guna membantu para pengguna yang di rumah saja selama masa pandemi agar tetap aktif. Aplikasi ini dikembangkan oleh Andres Canella.

wakeout app
Tampilan aplikasi Wakeout

Apple juga mengumumkan aplikasi iPad App of The Year yang tahun 2020 ini diberikan kepada Zoom, sebuah apliaksi yang memfasilitasi para pengguna untuk emlakukan meeting virtual dan bekerja serta belajar dari rumah.

zoom app
Aplikasi Zoom

Sedangkan untuk ketegori aplikasi terbaik untuk Mac diraih oleh Fantastical sebuah aplikasi kalender dan tugas yang dilengkapi dengan berbagai fitur informasi dasar bagi pengguna. Aplikasi ini dikembangkan oleh Flexibits.

fantastical
Tampilan apliaksi Fantastical

Aplikasi lainnya yang juga mendapatkan penghargaan adalah Disney+, platform streaming khusus yang menayangkan berbagai produk dari Disney, Pixar, Marvel, dan juga Star Wars. Disney+ memperoleh penghargaan sebagai Apple TV App of The Year. Sedangkan untuk kategori Apple Watch diraih oleh aplikasi Endel, sebuah aplikasi musik yang membantu pengguna untuk fokus, rileks dan tidur.

endel-app-apple-watch
Tampilan Endel di Apple Watch. Kredit gambar Endel.

Untuk ketegori game, penghargaan iPhone Game of The Year diraih oleh Genshin Impact, game RPG Open World yang dikembangkan oleh miHoYo. Game ini menawarkan grafis yang sangat memukau dan mengajak kita berpetualang di dunia fantasi Teyvat. Sementara, untuk kategori iPad didapat oleh Legends of Runeterra besutan Riot Games, game terbaik Mac didapat Disco Elysium, Dandara Trials of Fear sebagai game terbaik Apple TV , dan game arkade terbaik diraih Sneaky Sasquatch.

Apple juga menyoroti beberapa tren aplikasi selama setahun terakhir, yang diberikan kepada Shine untuk membantu pengguna melatih perawatan diri, Caribu untuk menghubungkan keluarga dengan orang yang dicintai, Pokemon GO, dan ShareTheMeal yang merupakan program pangan dunia dari PBB.

Guna mengapresiasi pencapaian 15 aplikasi dan game terbaik tahun ini, pihak Apple untuk pertama kalinya menghadirkan penghargaan fisik yang terinspirasi dari ikon App Store. Ada logo di bagian depan, ukiran nama pemenang di bagian belakang, dan Apple mengatakan itu terbuat dari 100% aluminium daur ulang.

app store
Tampilan plakat penghargaan dari Apple.
Bagikan artikel ini:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Solve : *
26 + 8 =