Perkiraan waktu membaca artikel ini: 2 minutes

TECHSTORY.ID – Smartphone merupakan salah satu gadget yang sudah menjadi kebutuhan sehari-sehari yang biasa digunakan setiap saat. Ketika orangtua menggunakan smartphone, anak mungkin akan melihat dan ingin meminjam smartphone milik orangtua untuk bermain game atau untuk melihat youtube.

Ketika anak sudah mengenal smartphone atau gadget, anak mungkin akan lebih sering meminjam dan bermain gadget tersebut. Orangtua bisa saja membelikan smartphone untuk anak. Namun, menjadi kekhawatiran apabila anak terus-menerus bermain gadget, tanpa mempedulikan hal yang lain. Tentu akan sangat berbahaya bagi kesehatan anak, maupun anak menjadi lebih susah untuk belajar juga bersosialisasi dengan teman sebayanya. Sebelum anak benar-benar kecanduan bermain gadget, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh orangtua.

Buatlah Jadwal

 

membuat_jadwal
Membuat jadwal. Kredit gambar pexels.com

Buat jadwal aktivitas yang bisa dilakukan oleh anak. Sehingga, anak mengetahui kapan ia boleh bermain gadget dan beraktivitas lainnya. Hal ini bisa dilakukan agar anak tidak selalu bermain gadget sepanjang hari.

Bermain di Outdoor

anak_bermain
Anak bermain dengan teman sebayanya. Kredit gambar pexels.com

Bersama teman sebaya, anak bisa bermain di luar rumah atau di ruang terbuka (outdoor). Permainan yang bisa dilakukan bersama teman di luar rumah diharapkan membuatnya mampu menghindari bermain gadget terus-menerus di rumah.

Batasi Waktu

waktu
Kredit gambar unsplash.com

Batasi waktu bermain dengan gadget, misalkan anak diizinkan bermain maksimal 30 menit. Tentunya, orangtua tetap perlu mengawasi anak saat bermain guna mencegah anak mengakses konten-konten negatif.

Ajarkan Anak Menahan Diri

mengajari anak menggunakan laptop
Kredit gambar pexels.com

Orangtua perlu memotivasi agar anak bisa menahan diri dari bermain gadget. Berilah pujian kepada anak apabila ia mampu menahan diri. Mengatasi Kecanduan Anak pada Gadget

Jauhi Anak dari Gadget

gadget
Kredit gambar unsplash.com

Hindari menempatkan gadget, baik ponsel pintar atau tablet maupun komputer di kamar anak. Simpan gadget tersebut di tempat yang tidak diketahui oleh anak, sehingga ia dapat melakukan aktivitas lainnya.

Bagikan artikel ini:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Solve : *
29 × 13 =